SYARAT – SYARAT KECAKAPAN UMUM
1.
Islam
·
Dapat menjelaskan makna rukun iman dan
rukun islam
Makna rukun iman
1. Makna
iman kepada Allah
Iman kepada allah bermakna
bahwa kita meyakini tentang penjelasan Allah dan Rasulnya mengenai keberadaan
Tuhan. Untuk lebih terperinci lagi, makna iman kepada Allah dapat kita jabarkan
dalamempat poin.
Pertama meyakini bahwa
penciptaan manusia adalah kehendak Allah dan tidak mahluk lain yang terdapat di
semesta alam tanpa pengetahuan Allah swt, kedua ialah meyakini bahwa Allah lah
yang menciptakan bumi dan alam semesta dan Allah pulalah yang memberikan reski
kepada manusia dan mahluk lainnya. Ketiga, yaitu meyakini bahwa Allahlah yang
patut disembah dan hanya kepadaNyalah segala ibadah ditujukan, misalnya
berzikir, sujud, berdoa, dan meminta. Semuanya hanya kepada Allah semata.
Keempat yaitu meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam alquran (Asmaul
Husna).
2. Makna
beriman kepada malaikat
Malaikat ialah mahluk
gaib yang diciptakan Allah dari cahaya, dengan ketaatan selalu menjalankan
perintah Allah dan kesanggupannya untuk beribadah kepada Allah. Malaikat
diciptakan tidak memiliki sikap ketuhanan dan hanya Allahlah Tuhan semesta
alam. Jumlah malaikat sangat banyak dan semuanya tunduk dan menjalankan
perintah Allah swt.
Makna beriman kepada malaikat dapat dijabarkan kedalam empat poi:
pertama,mengimani wujud mereka.
Kedua, mengimani nama-nama malaikat yang telah kita ketahui namanya, sedangkan
yang kita tidak ketahui namanya kita mengimaninya secara ijmal (garis besar).
Ketiga, mengimani sifat malaikat yang terdapat dalam hadis, misalnya Rasulullah
saw, pernah bertemu langsung dengan malaikat jibril yang memiliki 600 sayap (Bukhari)
di hadis lain dikatakan setiap sayap malaikat Jibril menutupi setiap ufuk
(Ahmad).
Dan keempat, yaitu mengimani tugas malaikat seperti yang telah diberitahukan
kepada kita. Malaikat senantiasa beribada kepada Allah; bertasbih siang dan
malam dan berthawaf di Baitul Ma’mur dan lain sebagainya.
3. Makna
beriman kepada Kitab-Kitab Allah
Pertama, mengimani bahwa kitab itu
datangnya dari Allah swt.
Kedua, mengimani kitab tersebut baik secara rinci (tafshil) maupun secara garis
besar (ijmal), tafshil artinya mengimani bahwa kitab yang diturunkan kepada
Nabi ini adalah Kitab ini, sedangkan secara garis besar kita meyakini bahwa
kitab diturunkan kepada Nabi dan Rasul meskipun tidak diketahui namanya.
Ketiga, yaitu membenarkan perkataan
yang tertulis dalam kitab-kitab tersebut yang masih murni (belum dirubah).
Keempat, mengamalkan hukum yang
tertulis dalam kitab tersebut selama kitab tersebut belum “dihapus” , yang
dimaksud dengan kata dihapus disini ialah, kita hanya mengimani satu kitab saja
yaitu Alquran, karena kehadiran Alquran mengakibatkan kitab-kita sebelumnya
terjadi mansukh (dihapus). Al quran ialah kitab yang mewakili setiap umat
sampai akhir masa.
4. Makna
beriman kepada Nabi dan Rasul
Beriman kepada Nabi dan Rasul,
bermakna bahwa kita meyakini Nabi dan Rasul ialah manusia utusan Allah yang
diutus dimuka Bumi untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman. Meyakini bahwa
Nabi danRasul adalah mahluk yang diutus Allah ke bumi untuk memberikan petunjuk
ke umat manusia hingga kembali kejalan lurus. Beriman kepada Nabi dan Rasul
artinya ialah memercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun sebagai sauri
teladan. Dengan mengatahui maka beriman kepada Nabi dan Rasul, Manusia sebagai
hamba yang mulia sudah sepantasnya meyakininya dan mengikuti jejak suri teladan
Nabi dan Rasul.
5. Makna
beriman kepada hari akhir
Beriman kepada hari akhir artinya
kita meyakini tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, seperti lahirnya Dajjal
turunnya isa As. datangnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat.
Kemudian diangkatnya ilmu dari muka bumi yang ditandai dengan wafatnya para
ulama, semakin banyak terjadi perzinaan, amanah tidak lagi dijalankan, urusan
diserahkan kepada yang bukan ahlinya, jumlah perempuan jauh melebihi jumlah
laki-laki dan terjadi kekacuan dan pembunuhan dimana-mana.
Selain itu pula makna beriman
kepada hari akhir yaitu bahwa kita mengimani kejadian gaib lainnya seperti
dibangkitkannya manusia dari kubur, dikumpulkannya manusia di padang mashar,
adanya hari pembalasan, adanya siksa kubur dan nikmat kubur, dan meyakini
adanya Surga dan neraka. Semua dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri
kepada Allah.
6. Makna
beriman kepada Qada dan Qadar
Makna beriman kepada qada san qadar
artinya ialah kita mengimani bahwa apapun yang terjadi dimuka bumi bahkan
kepada diri kita sendiri sebagai manusia yang baik maupun buruk merupakan
kehendak dari Allah swt.
Namun keburukan tersebut tidak
dinisbahkan kepada Allah, melainkan kepada manusia sebagai mahluk ciptaanNya,
sedangkan jika keburukan tersebut dikaitkan dengan Allah, maka keburukan
tersebut merupakan suatu bentuk keadilan terhadap sesuatu pihak yang tidak
dapat terduga oleh pengetahuan manusia. Allah menciptakan mudharat pastilah ada maslahat. Di setiap
keburukan terdapat makna yang mendalam,
baik itu diketahui oleh manusia, maupun tidak diketahui oleh manusia.
Makna
rukun islam
Syahadat adalah agreement
(perjanjian) antara seorang muslim dengan Allah swt [7.172]. seseorang yang
telah menyatakan Laa ilaha ilallah berarti telah siap untuk fight (bertarung)
melawan segala bentuk ilah diluar Allah di dalam kehidupannya [29:2].
Shalat adalah training : sebagai
latihan agar setiap muslim didalam kehidupannya adalah dalam rangka sujud
(beribadah) kepada Allah [6:162]
Zakat adalah training, yaitu
sebagai latihan agar menginfakkan hartanya, karena setiap harta seorang muslim
adalah hak milik Allah.[57:7 , 59:7]. “Engkau ambil zakat itu dari orang-orang
kaya mereka dan engkau kembalikan kepada orang-orang fakir mereka” (HR
Mutafaqun ‘alahi).
Shaum adalah training, yaitu
sebagai latihan pengendalian kebiasaan pada jasmani, yaitu makan dan minum dan
ruhani,yaitu hawa nafsu. [2:185]
Haji adalah training, yaitu sebagai
latihan dalam pengorbanan jiwa dan harta dijalan allah, mengamalkan persatuan
dan persamaan derajat dengan sesama
manusia. [22:27-28]
·
Mampu menjelaskan makna shalat berjamaah
dan dapat mendirikan sholat sunah secara indvidu.
Shalat jamaah bermakna
untuk menyatukan dan mengkokohkan umat muslim dalam beribadah kepada Allah swt.
Suatu pekerjaan akan menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama. Kedekatan
seorang muslim, bukan hanya pada saat mereka melakukan silaturahmi antara
sesamanya, tetapi juga dari rutinitas mereka melakukan shalat berjamaah.
·
Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam
puasa
Puasa adalah
karakteristk moral dan spiritual yang unik dalam islam. Secara harfiah puasa
dalam islam didefinisikan untuk menjauhkan diri “sepenuhnya” dari makanan,
minuman, hubungan intim dan merokok, mulai dari terbitnya fajar sampai matahari
terbenam, selama seluruh bulan ramadhan , bulan kesembilan dalam tahun islam.
Tetapi jika kita
membatasi arti dari Puasa Islam ini pengertian literal, kita akan sedikit
keliru. Puasa tidak hanya mengenai lapar fisik dan haus yang merupakan puasa Muslim,
tetapi malam sebelum awal puasa sebelum memperoleh karakter yang jauh lebih penting dan memainkan peran
sentral dalam institusi puasa. Kaum
muslim bangun berjam-jam sebelum fajar untukberdoa dan mengingat Allah. Juga
Alquran dibacakan disetiap rumah Muslim lebih banyak dibanding hari-hari biasa.
Sebagian besar dari malam demikian dihabiskan dalam latihan spiritual yang
membentuk diri sehingga puasa jadi lebih bermakna.
Pada siang hari, selain
menahan dari makanan dan air, semua umat islam terutama didesak dari bicara
sia-sia, pertengkaran dan perkelahian, atau dari pekerjaan seperti dibaeah
martabat seorang mukmin sejati. Tidak mengumbar kesenangan duniawi
diperbolehkan, bahkan suami dan istri disiang hari menjalani kehidupan yang
terpisah, kecuali untuk hubungan manusia formal yang umum untuk semua orang.
Macam-macam puasa
1. Puasa
wajib
Puasa wajib yaitu puasa
yang dilakukan pada bulan kesembilan dalam kalender islam, yaitu bulan ramadan,
dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan shalat Idul Fitri.
2. Puasa
sunnah
Ada kalanya dianjurkan
untuk melakukan puasa sunnah, seperti Tradisi Nabi Muhammad Saw. Di antara
waktu :
Setiap hari senin dan kamis dari seminggu
Hari ke-13, 14, dan 15 setiap bulan lunar
Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)
Hari Arafat (tanggal 9 Dzulhijjah di (Hijriah) Islam Kalender)
Hari Ashuraa (10 Muharram dalam (Hijriah) islam kalender), dengan suatu hari
lagi puasa sebelum atau setelahnya.
3. Puasa
kafarat
Yakni bayaran yang
diberikan karena tidak mampu memberikan apa yang seharusnya dari hukum yang
dilanggar dikarenakan lalai menjalankan kewajiban. Penyebab puasa ini
berdasarkan antara lain:
1. Apabila
seseorang yang tidak mampu memberi makan sepuluh fakir miskin sebanyak atau
membebaskan seorang budak, maka ia harus berpuasa selama tiga hari.
2. Jika
seseorang membunuh seorang mukmin dan ia tidak mampu membayar uang darah
(tebusan) atau mungkin memerdekakan seorang budak, maka ia harus berpuasa
selama dua bulan berturut-turut.
·
Tahu tata cara menyelenggarakan jenazah
Memandikan jenazah
1.
Sesusai
wasiat si mayit
Jika
si mayit telah mewasiatkan kepada seseorang tertentu untuk memandikan
jenazahnya maka orang itulah yang berhak memandikan.
2.
Jika
si mayit tidak mewasiatkan kepada siapapun
Maka yang berhak adalah ayahnya atau
kakek-kakeknya, kemudian anak laki-lakinya atau cucu-cucunya yang laki-laki.
3.
Jika
tidak ada yang mampu
Keluarga
mayit boleh menunjuk orang yg amanah lagi terpercaya untuk memandikannya.
4. Jika
si mayit adalah seorang wanita,(sesuai dengan wasiatnya jika ada)
Jika
tidak ada maka ibunya atau nenek-neneknya, kemudian anak perempuannya atau
cucu-cucunya yang perempuan. Jika tidak ada diantara tersebut maka keluarganya
boleh menunjuk seorang wanita yang amanah lagi terpercaya untukmemandikannya.
Tempat
memandikan jenasah
1. Harus
tertutup, baik dinding maupun atapnya.
Diangjurkan
agar yang memandikan jenazah tersebut memlih 2 orang dari keluarga si mayit.
Seorang diantaranya taat dan memahami, agar dapat memberikan pengarahan ketika
memandikan jenazah dan dibolah balikkan agar mudah-mudahan menjadi pelajaran
baginya.
Tidak diperbolehkan masuk ketempat memandikan jenasah tersebut lebih dari 3
orang.
Karena hal itu tidak disukai.
Perlengkapan
bagi yang memandikan jenazah.
1. Hendaklah
ia memakai penutup hidung dan mulut agar bau yang tidak sedap tidak sampai
tercium olehnya.
2. Hendaklah
ia memakai pelindung tubuh yang baik agar kotoran-kotoran seperti sisa air
perasaan daun bidara atau sisa-sisa air kapur barus tidak menegenai pakaiannya.
3. Hendaklah
ia memakai sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit si mayit
dan agar kotoran-kotoran tidak mengenai kedua tangannya.
·
Dapat
membaca doa ijab qobul zakat
Ada ulama yang
menjelaskan bahwa menunaikan zakat harus terdapat akad penyerahan dan penerima
zakat (wajib adanya ijab qobul). Jika tidak maka zakatnya dianggap sebagai
sadaqah/sunnah saja. Ijab qobul zakat hendaknya disebutkan secara jelas yaitu
dengan menyatakan: “ Aajaraka Allahu fi maa a’thaita wa baraka fi maa abqaita”
(mudah-mudahan Allah memberikan pahala dan harta yang telah engkau berikan dan
mudah-mudahan pula Allah memberikan keberkahan pada harta anda yang lainnya).
Baik itu ditunaikan secara langsung kepada yang membutuhkan atau melalui
BAZ/LAZ.
·
Dapat
menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut
§ Hadis/sunnah
qauliyah
Hadis qauliyah adalah
hadis berisi perkataan-perkataan yang langsung diucapkan oleh Rasulullah di
hadapan para sahabatnya. Hadis/sunnah qauliyah, dicirikan dengan ungkapan yang
khas, yaitu:
“ Hubungan seorang
mukmin dengan mukmin lainnya ibarat satu bangunan, sebagian yang setu
mendukung/menguatkan bagian yang lainnya” (HR. Bukhari-Muslim)
·
Hadis/sunnah qauliyah memiliki kedudukan
pada posisi pertama dalam pembagian hadis/sunnah. Urutan tersebut menunjukan
bahwa kualitas hadis qauliyah berada di atas hadis/sunnah fi’liyah maupun
taqririyah.
·
Hadis/sunnah fi’liyah
Hadis/sunnah fi’liyah
berarti hadis yang berbentuk pernyataan sahabat yang menggambarkan perilaku/perbuatan
yang dilakukan oleh Nabi yang kemudian dijadikan sebagai dasar hukum yang harus
diikuti dan dilaksanakan oleh umat islam.
Ciri khas dari hadis/sunnah fi’liyah adalah selalu didahului dengan
pernyataan-
“Sesungguhnya
khafsah, istri Nabi SAW berkata: “saya tidakpernah melihat Rasulullah melakukan
shalat sambil duduk sehingga ia melakukannya menjelang wafanya setahun atau dua
tahun”.
Hadis/sunnah fi’liyah menduduki posisi kedua setelah
hadis/sunnah qauliyah dan berada di atas hadis taqririyah
§ Hadis/sunnah
Taqririyah
Hadis/sunnahtaqririyah
adalah yang berupa ketetapan Nabi Saw atau persetujuan Nabi SAW atau perbuatan
yang dilakukan oleh sahabatnya.
berikut adalah contoh hadis taqriri diantaranya adalah :
1. Hadis
tentang daging biawak
Dijelaskan dalam sebuah
hadis bahwa pada suatu hari Nabi Muhammad SAW disuguhi makanan, diantaranya
daging”dhab” (sejenis biawak). Beliau tidak memakannya sehingga khalid bin
walid bertanya:
“Apakah biwak ini
haram? Nabi menjawab: “tidak, hanya saja (binatang ini)
tidak ada didaerah
kaumku. Makanlah , karena itu halal” Khalid berkata: “segera aku memotongnya
dan memakannya, sedangkan Rasulullah menyaksikanku”. (HR. Bukhari-Muslim)
“Dari Abu Sa’ad
al-Khuyudriyi berkata:”Dua orang laki-laki pergi melakukan perjalanan. Ketika
sampai waktu shalat, keduanya tidak mendapatkan air. Mereka (berdua)bertayamum
dengan debu yang bersih, lalu keduanya mendirikan shalat. Setelah itu mereka
menemukan air. Salah seorang dari keduanya berwudhu dan mengulangi shalatnya,
sedangkan yang lain tidak. Lalu keduanya datang menghadap Rasulullah dan
menceritakannya. Kepada yang tidak mengulangi shala, Rasulullah bersabda:”
Engkau telah mengerjakannya sesuai sunnah”. Kepada yang lainnya, beliau
bersabda:” Engkau mendapatkan pahala dua kali” (HR. Abu Dawud).
2.Berani
menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada
sesama teman
3.
Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik.
4.
Dapat hidup bersama antara umat beragamadan toleransi dalam bakti
5.
Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
6.
Setia membayar iuran kepada Gugus Depan,
dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari usahanya sendiri.
7.
Dapat berbahasa indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.
8.
Telah
membantu mengelola kegiatan di Ambalan
9.
Telah
ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali
10.
Dapat
menampilkan kesenian daerah didepan umum minimal satu kali.
11.
Mengenal, mengerti dan memahami isi arti dasar dan ART gerakan pramuka
a.
Pengertian
1. AD/ART
merupakann kesat ketentuan dasar dan ketentuan operasional bagi suatu
organisasi yang mencerminkan aspirasi, visi dan misi gerakan pramuka indonesia
2. Pengikat
persatuan dan kesatuan Geraka Pramuka dalam prinsip, idealisme, tingkah laku,
baik organisatoris, sosial, maupun budaya
3. Suluh
dan landasan gerak organisasi Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya
4. Landasan
manajemen & pemberdayaan sumber daya Gerakan Pramuka
b.
fungsi
AD/ART merupakan
landasan kerja dan landasan Gerak Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan
misinya.
LANDASAN
HUKUM GERAKAN PRAMUKA
§ KEPRES
No. 238 Tahun 1961 tentang gerakan pramuka, dengan pertimbangan:
1. Anak-anak
dan pemuda Indonesia perlu dididik untuk menjadi manusia dan warga negara
indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur.
2. Untuk
mencapai maksud dan tujuan tersebut harus dilakukan dilingkungan anak-anak dan
pemuda disamping lingkungan kel. Dan sek.
3. Sesuai
Tap MPRS No. I/MPRS/1960 tentang GBHN dan Tap MPRS No. II/MPRS/1960 tentang
garis-garis besar pola pembangunan nasional semesta berencana Tahapan
pertama’61-’69 mengenai pendidikan pada khususnya, perlu menetapkan suatu
organisasi gerakan pendidikan kepanduan tunggal untuk diberi tugas melaksanakan
pendidikan tersebut diatas.
SEJARAH SINGKAT AD/ART
GERAKAN PRAMUKA
·
Keppres NO 12 tahun 1971
·
Keppres no 46 tahun 1984
·
Keppres No 57 Tahun 1988
·
Keppres No 34 Tahun 1999
·
Keppres No 104 Tahun 2004
POKOK-POKOK PENTING
AD/ART GERAKAN PRAMUKA
·
Pembukaan memuat dasar filosofis dan
historis ketentuan dalam AD GP.
·
Eksitensi: nama, status dan tempat
·
Asas, tujuan, tugas pokok dam fungsi
·
Sistem among, PDK, KH, MK, M dan kiasan
dasar
·
Organisasi: anggota, jenjang organisasi,
kepengurusan saka ,DK, lemdik, bimbiingan, pemeeiksaan keuangan
·
Musyawarah dan referendum
·
Pendapatan, kekayaan
·
Atribut GP: bendera, panji, himne dan
pakaian seragam serta tanda-tanda
·
ART, pembubaran dan perubahan AD
TUJUAN GERAKAN PRAMUKA
Anggaran Dasar Gerakan
Pramuka 2004 pasal 4 . . . . Dan dijabarkan dalam anggaran rumah tangga gerakan
pramuka 2004 pasal 4 . . . . melalui kepramukaan :
1. .
. . . membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan
bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi . . .”
2. .
. . . membentuk sikap dan prilaku yang positif, menguasai keterampilan dan
kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia
yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup
dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas
pembangunan masyarakat, bangsa dan negara . . .”
ALASAN PENYEMPURNAAN AD
GP
·
AD merupakan landasan kerja GP
·
GP dihadapkan pada lingkungan yang
berubah serta tantangan baru
·
Perkembangan kepanduan di seluruh dunia
·
Perlu penyesuaian dengan UU No. 22 tahun
1999, UU No 25 tahun 1999 dan UU No 23 tahun 2002 serta UU Sisdiknas.
PERMASALAHAN
·
Penggolongan usia peserta didik
·
Keberadaan kelompok usia
pandega-kaderisasi
·
Otonomi daerah
·
Pembinaan Gudep Berpangkalan di
sekolah/kampus dan gudep wilayah serta tersedianya pembina yang berkualitas
·
Sistem among
·
Pengembangan saka pramuka
HARAPAN
·
Dengan organisasi yang lincah didukung
SDM berkualitas yang menjalankan tugas sesuai prinsi dan metode kepramukaan, GP
hadir dan siap untuk mendidik kader-kader pembangunan yang terampil serta
memiliki watak dan kepribadian mulia.
PENYEMPURNAAN
BERDASARKAN KEPUTUSAN MUNAS 2003
·
Alinea 3 pembukaan, menyesuaikan dengan
paradigma baru yang menyertakan kaum muda
·
Alinea 5 pembukaan , SISTEM AMONG tidak
hanya ditempatkan sebagai bagian dari metode kepramukaan karena ia merupakan
sisdiknas.
KETENTUAN YANG
DISEMPURNAKAN
·
PASAL
4 AD, penegasan formulasi tujuan
dengan menambahkan . .. guna
mengembangkan dstnya. . .
·
PASAL 5 AD, ditambahkan rumusannya
sehingga menjadi . . . serta membangun dunia yang lebih baik.
·
PASAL 8 AD, selain mengatur upaya
ditambahkan juga usaha yang dilakukan GP.
·
PASAL 9, sistem among
·
PASAL 16, Pandega masuk dalam
kualifikasi anggota dewasa muda
·
Pasal 18, (a) anggota muda dan anggota
dewasa . . .
·
Pasal 20, (5) Pergantian pengurus .. .
. terdiri dari unsur pengurus lama dan
pengurus baru
·
Pasal 21, SAKA tambah 1 ayat
·
Pasal 22, Dewan kerja
·
Pasal 24, bimbingan ayat (4) . . . .
mabiran yang diketuai oleh Camat/Kepala distrik
·
Pasal 25, BPK ayat (3) ada 2 butir
·
Pasal 26 Musywarah ayat (1) butir c
tentang acara pokok munas
LIMA UNSUR TERPADU
DALAM KEPRAMUKAAN
1. Prinsip
dasar kepramukaan
2. Metode
kepramukaan
3. Kode
kehormatan pramuka
4. Motto
gerakan pramuka
5. Kiasan
dasar kepramukaan
PRINSIP DASAR
KEPRAMUKAAN DAN METODE KEPRAMUKAAN
1. Prinsip
dasar kepramukaan dan metode kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan
kepramukaan dari pendidikan lain.
2. Prinsip
dasar kepramukaan dan metode kepramukaan merupakan dua unsur proses pendidikan terpadu
yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan.
3. Prinsip
dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dilaksanakan sesuai dengan
kepentingan, kebutuhan , situasi dan kondisi masyarakat.
(AD Gerakan pramuka
2004 pasal 10)
PRINSIP DASAR
KEPRAMUKAAN
PRINSIP DASAR
KEPRAMUKAAN adalah :
1. Iman
dan takwa kepada tuhan yang maha esa
2. Peduli
terhadap bangsa ddan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya,
3. Peduli
terhadap diri pribadinya,
4. Taat
kode kehormatan pramuka
PRINSIP DASAR
KEPRAMUKAAN BERFUNGSI:
1. Norma
hidup seorang anggota gerakan pramuka
2. Landasan
kode etik gerakan pramuka
3. Landasan
sistem nilai gerakan pramuka
4. Pedoman
dan arah pembinaan kaum muda
5. Landasan
gerak dan kegiatan pramuka mencapai sasaran dan tujuannya
(AD gerakan pramuka
2004 pasap 11 )
METODE KEPRAMUKAAN
Merupakan cara belajar
interaktif progresif melalui :
1. Pengalaman
kode kehormatan pramuka
2. Belajar
sambil melakukan
3. Sistem
berkelompok
4. Kegiatan
yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuia dengan
perkembangan rohani dan jasmani peserta didik
5. Kegiatan
di alam terbuka
6. Sistem
tanda kecakapan
7. Sistem
satuan terpisah untuk putra dan putri
8. Kiasan
dasar
(AD gerakan pramuka
2004 pasal 12)
MOTTO KERAKAN PRAMUKA
1. Merupakan
bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggota gerakan
pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untuk
mengamalkan kode kehormatan pramuka
2. Motto
gerakan pramuka :”SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KIBAKTIKAN”
3. Merupakan
motto tetap dan tunggal bagi gerakan pramuka, sebagai bagian terpadu proses
pendidikan, disosialisakan baik di dalam maupun diluar garakan pramuka.
12. Dapat
menjelaskan sejarah kepramukaan indonesia dan dunia
o
Sejarah kepramukaan sedunia
Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya
untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini
dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di
Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan
yang semula hanya laki-laku dengan nama Boys Scout.
Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes
didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang
kemudian diteruskan oleh istri beliau.
Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga
dengan nama CUB (anak serigala) dengan
buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman
kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara
dihutan oleh induk serigala.
Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka
yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To
Success ( mengembara menuju bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda
yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang
pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 negara dan
pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai bapak pandu sedunia (Chief Scout of
The World).
Tahun
1924 Jambore II di Eemelunden,
Copenhagen, Denmark
tahun 1929 Jambore III di
Arrow park, Birkenhead, Inggris
Tahun 1933 Jambore iv di
Godollo, Budapest, Hongaria
Tahun
1937 Jambore v di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
Tahun
1947 Jambore VI di Moisson, perancis
Tahun
1951 JAMBORE VII di salz kamergut , austria
Tahun
1955 Jambore VIII di sutton Park , sutton coldfild, Inggris
Tahun
1969 Jambore IX di makiling, Filiphina
Tahun
1963 Jambore X di Marathon, yunani
Tahun
1967 Jambore XI di idaho, Amerika Serikat
Tahun
1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang
Tahun
1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia
Tahun
1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan
Tahun
1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
Tahun
1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia
Tahun
1991 Jambore XVII di Korea Selatan
Tahun
1995 Jambore XVIII di Belanda
Tahun
1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selatan
Tahun
2003 Jambore XX di Thailand
Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus
pembina pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang
bernama W.F> de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford
yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan pembina pramuka dengan nama
Gilwell Park.
Tahun 1920 dibentuk dewan internasional dengan 9
orang anggota dan biro sekretariatnya di London, inggris dan tahun 1958 Biro
kepramukaan sedunia dipindahkan dari londo ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 mei 1968
Biro kepramukaan sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
Sejak tahun 1920 sampai 19 kepada biro kepramukaan
sedunia dipegang berturut-turut oleh Hebert Martin (inggris. Kolonel J.S Nilson
(Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 diganti oleh R.T Lund
1 mei 1968 diganti oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekjen.
Biro kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor
kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro
kepramukaan sedunia putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa,
Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.
o
Sejarah kepramukaan Indonesia
Kepramukaan di indonesia merupakan salah satu segi
pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan
bansa indonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan kepramukaan di
indonesia.
Sejarah singkat gerakan pramuka gagasan Boden Powell
yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar keberbagai negara termasuk
Netherland atau belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang belanda gagasan itu
di bawa ke indonesia dan didirikan organisasi oleh oran belanda di indonesia
dengan nama NIPV (Netherland Indische Padvindes Vereeniging = persatuan
pandu-pandu hindia belanda). Oleh pemimpin—pemimpin gerakan nasional dibentuk
organisasi kepandua yang bertujuan membentuk manusia indonesia yang baik dan
menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi
kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP ( Jong Java
Padvindery), NATIPIJ (National Islamitche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam
Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon). Dengan adanya larangan pemerintah
Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H agus salim menggunakan
nama panduan atau kepanduan. Dengan meningkatnya kesadaran Nasiona setelah
sumpah pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK ( padu
kesultanan), PPS (pandu pemuda sumatra) bergabung menjadi KBI (kepanduan bangsa
Indonesia)
Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (persatuan
antara pandu Indonesia ) yang berubah menjadi BPPKI ( Badan pusat persaudaraan
kepanduan Indonesia ). pada tahun 1938 pada waktu pendudukan jepang kepanduan
di indonesia dilarng sehingga tokoh pandu banyak yang masuk keibodan, sinendan,dan
PETA. Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuk pandu rakyat Indonesia pada
tanggal 28 desember 1945 disala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan.
Sekitar tahun 1961 kepanduan indonesia terpecah menjadi 100 organisasi
kependuan yang terhimpun dalam 3 pederasi organisasi yaitu IPINDO ( Ikatan
pandu indonesia) berdiri 13 september 1951 POPPINDO (persatuan pandu puteri
indonesia) tahun 1954 dan PKIPI (persatuan kepanduan puteri indosia) menyadari
kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi 1 dengan nama PERKINDO
(persatuan kepanduan indonesia).
Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat PERKINDO masih lemah.
Kelemahan gerakan kepanduan indonesia akan
dipergunakan oleh pihak komunitas agar menjadi gerakan Pioner muda seperti yang
terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan pancasila dalam perkindo
menentangnya dan dengan bantuan perdana menteri Ir. Juanda maka perjuangan
menghasilkan Keppres No. 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka yang pada
tanggal 20 mei 1961 ditandatangani oleh pjs Presiden RI ir. Juanda karena
presiden soekarno sedang berkunjung ke Jepang. Di dalam kepres ini gerakan
pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan diwilayah
Indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga
organisasi lainnya menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan pramuka dilarang
keberadaannya.
13.
dapat menggunakan jam , kompas ,tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam
pengembaraan
14.
dapat menjelaskan bentuk pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari-hari
a. pengertian
Istilah pancasila yang pertama kali dapat kita
temukan sejak zaman Majapahit di Bawah Raja Hayam Wuruk dan Patih Gaja Mada
abad XIV. Terdapat dalam buku “ Negara Kertagama” Karya Empu Prapanca.
Arti kata pancasila adalah lima dasar/asas.
Urutan pancasila yang sah dan dipakai sekarang dasar
hukumnya adalah Inpres No. 12/ 1968
b. fungsi dan peranan pancasila
Pancasila diungkapkan dari dan merupakan pencerminan
nilai-nilai luhur kepribadian bangsa Indonesia, menjadi jiwa dan pandangan
hidup bangsa Indonesia.
Secar hakiki fungsi pancasila mempunyai 2 pengertian
yakni :
a. Pancasila sebagai pandanga hidup bangsa indonesia (Way of life)|
b. Pancasila sebagai dasar negara republik indonesia (dasar fisafat negara)
Pancasila sebagai pegangan hidup, yang merupakan
pandangan hidup bangsa, penjelmaan filsafat hidup bangsa dalam pelaksanaan
hidup sehari-hari tidak boleh bertentangan dengan norma-norma agama,
kesusilaan, sopan santun dan hukum yang berlaku, peranan pancasila dalam tata
kehidupan bangsa indonesia adalah :
a. Sebagai jiwa bangsa Indonesia
b. Sebagai kepribadian bangsa indonesia
c. Sebagai pandangan hidup bangsa indonesia
d. Sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi negara
Republik Indonesia
e. Sebagai dasar negara republik indonesia
f. Sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia
g. Sebagai cita-cita dan tujuan bangsa indonesia
h. Sebagai palsafa hidup yang mempersatukan bangsa indonesia
3. Hakekat pengertian pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya :
pancasila merupakan suatu kesatuan yang utuh memiliki ciri-ciri dan bersifat :
a. Sistematis (runtun, tidak boleh ditukar balikkan urut-urutannya.
b. Kesatuan totalitas yang organis (utuh, menunggal, dan senyawa) sila yang
satu tidak dapat dipisahkan hubungannya
dengan sila-sila yang lainnya.
c. Hirarchis piramidal (bertingkat jenjang),sila
pertama merupakan dasar/basis dan menjiwai sila yang kedua, sila kedua dijiwai
oleh sila pertama dan mendasari serta menjiwai sila ketiga, dan seterusnya.
Ketuhanan
yang maha esa, mengandung pengertian dan keyakinan
adanya Tuhan yang maha Esa tetapi tidak berarti bahwa Indonesia negara
berdasarkan satu agama yang bukan juga negara sekuler. Di Indonesia tidak boleh
ada paham yang meniadakan Tuhan Yang
Maha Esa (atheisme) dan yang harus ada adalah Tuhan Yang Maha Esa dengan
toleransi terhadap kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya dan
beribadah menurut agama dan kepercayaanya.
Nilai yang terkandung dalam Ketuhanan Yang Maha Esa
:
Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (nilai keagamaan) dan ketakwaan.
Kemanusiaan
Yang Adil Dan Beradab mengandung pengertian kesadaran sikap
dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam
hubungannya norma-norma kebudayaan yang
baik terhadap diri pribadi, sesama manusia maupun hewan (sikap dan perbuatan
manusia sesuai dengan kodrat hakekat manusia yang berbudi, sadar nilai dan
berbudaya).
Nilai yang terkandung dalam sila kedua ialah “ Nilai kemanusiaan” :
a. Pengakuan
terhadap adanya martabat manusia
b. Perlakuan
yang adil terhadap manusia
c. Pengertian
manusia yang beradab yang memiliki daya cipta rasa, karya dan keyakinan,
sehingga dapat dibedakan dengan hewan.
Persatuan
Indonesia mengandung pengertian bangsa yang mendiami wilayah
Indonesia yang bersatu karena didorong untuk mencapai kehidupan kebangsaan yang
bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat. Yang bertujuan memajukan
kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut mewujudkan kesejahteraan
umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut mewujudkan perdamaian dunia
yang abadi.
Nilai yang terkandung dalam sila ketiga adalah “
Persatuan bangsa” yaitu :
a. Persatuan indonesia adalah persatuan wilayah yang mendiami wilayah indonesia.
b. bangsa indonesia adalah persatuan suku-suku
bangsa yang mendiami wilayah indonesia
c. Pengakuan terhadap ke bhinekatunggalika-an suku
suku bangsa (etnis) dan kebudayaan bangsa yang memberikan arah dalam pembinaan
kesatuan bangsa.
Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarata/ perwakilan mengandung
pengertian bahwa rakyat dalam menjelaskan kekuasaanya melalui sistem perwakilan
dan keputusan-keputusannya diambil dengan jalan musyawarah yang dipimpin oleh
pikiran yang sehat serta penuh tanggung jawab, baik kepada Tuhan YME maupun
kepada rakyat yang diwakilinya.
Nilai yang terkandung dalam sila keempat : adalah “
kerakyatan” yaitu :
a. kedaulatan
negara yang ada ditangan rakyat.
b. Pimpinan
kerakyatan adalah hikmat kebijasanaan yang dilandasi akal sehat.
c. Manusia
indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat Indonesia mempunyai
kedudukan,hak dan kewajiban yang sama
d. Musyawarah
untuk mufakat dicapai dalam permusyawaratan wakil wakil rakyat.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia
mengandung pengertian bahwa setiap orang Indonesia mendapat perlakuan yang adil
dalam bidang hukum, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan ( mencakup adil dan
makmur).
Nilai yang terkandung dalam sila ke lima adalah “
keadilan sosial”, yaitu :
a. Perwujudan
keadlian sosial dalam kehidupan sosial atau kemasyarakatan meliputi seluruh
rakyat indonesia
b. Keadilan dalam kehidupan sosial terutama
meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi sosial, kebudayaan dan pertahanan
keamanan nasional
c. Cita-cita
masyarakat adil dan makmur, materil, dan spiritual yang merata bagi seluruh
rakyat indonesia
d. Keseimbangan
antara hak dan kewajiban, dan menghormati hak orang lain
e. Cinta
akan kemajuan dan pembangunan
15. Dapat menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB.
ASEAN adalah singkatan dari “Association Of South
East Asia Nation” yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 yang bertempat di
Bangkok. Di indonesia, ASEAN juga disebut ja disebut dengan PERBARA atau
“Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara”. ASEAN di perakarsai oleh 5 menteri
luar negeri dari wilayah asia tenggara yaitu : Indonesia, Thailand, Filipina,
Singapore dan Malaysia.
1. Perwakilan
Indonesia : Adam Malik
2. Perwakilan
Malaysia : Tun Abdul Razak
3. Perwakilan
Thailand : Thanat Koman
4. Perwakilan
Filipina : Narsisco Ramos
5. Perwakilan
Singapura : S. Rajaratman
Kemudian disusun oleh beberapa negara di kawasan
Asia Tenggara, hingga pada akhir tahun 1998 terbentuk 10 negara yang terdaftar
menjadi anggota ASEAN. Negara-negara tersebut adalah :
1. Brunei
Darussalam pada tanggal 7 Januari 1984
2. Vitnam
pada tanggal 28 juli 1995
3. Myanmar
pada tanggal 23 juli 1997
4. Laos
pada tanggal 23 juli 1997
5. Kamboja
pada tanggal 16 Desember 1998
Pada awal-awal tahun 2013 kini, Timor Leste resmi
menjadi anggota ASEAN. Untuk menentukan negara tersebut diterima, harus melalui
persetujuan seluruh anggota ASEAN yang berjumlah 10 negara. Menurut Direktur
Pemasaran Pariwisata
Kementrian Pariwisata Timor Leste Aquilino Santos
Caeiro, “ pembenahan di negaranya bukan dilakukan sejak resmi mengajukan
diri menjadi anggota ASEAN, melainkan sudah dilakukan 10 tahun terakhir.
Seperti pembenahan infrakstruktur, sumber daya manusia, dan kriteria lainny”.
Dan sampai akhirnya Timor Leste resmi menjadi anggota ”ASEAN”.
Logo
ASEAN
Membawa arti ASEAN yang stabil, aman,bersatu dan
dinamik. Warna logo ada 4 yaitu biru, merah, putih, dan kunig. Warna tersebut
merupakan warna utama lambang negara-negara ASEAN. Warna biru melambangkan
keamanan dan kestabilan. Merah bermaksud semangat dan dinamisme sedangkan putih
menunjukkan ketulenan dan kuning melambangkan kemakmuran. Sepuluh tangkai padi
melambangkan cita-cita pelopor pembentuk ASEAN di Asia Tenggara, yaitu bersatu
dan bersahabat. Bulatan melambangkan kesatuan ASEAN.
Tujuan
ASEAN
1. Mempercepat
pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan dikawasan
ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk
memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang
sejahtera dan damai.
2. Meningkatkan
perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib
hukum didalam hubungan antara negar-negara di kawasan ini serta mematuhi
prinsip-prinsip piagam perserikatan bangsa-bangsa.
3. Meningkatkan
kerjasama yang aktif serta saling membantu antara satu dan yang lain didalam
memecahkan masalah-masalah kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial,
budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
4. Saling
memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian dalam
bidang-bidang pendidikan, propesional, teknik dan administrasi.
5. Bekerja
sama dengan lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta
industri, perluasan perdagangan komoditi internasional , perbaikan
sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi serta peningkatan taraf hidup
rakyat-rakyat mereka.
6. Meningkatkan
studi-studi tentang Asia Tenggara
Memelihara kerjasama yang erat dan
berguna dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang ada dan
bertujuan serupa, dan untuk menjajaki segala kemungkinan untuk saling bekerjasama
secara lebih erat satu dengan yang lain.
Sejarah
PBB
PBB ”Perserikatan bangsa-bangsa” adalah nama lain
dari UN” United Nation”. PBB adalah sebuah organisasi internasional yang
beranggotakan hampir seluruh negara-negara didunia. PBB dibentuk untuk
memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga
ekonomi, dan perlindungan sosial.
PBB didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah konferensi
Dumbarton Oaks di Wangshinton, DC. Namun sidang umum pertama hanya di hadiri
oleh wakil dari 51 negara di seluruh dunia yang berlangsung pada tanggal 10
Januari 1946 di Church House, London.
Dari tahun 1919 hingga 1946, terdapat sebuah
organisasi yang hampir mirip dengan PBB. Organisasi tersebut bernama Liga
Bangsa-Bangsa yang bisa disebut sebagai pendahulu PBB.
Sejak didirikannya PBB di San Francisco pada tanggal 28 Oktober 1945,
sedikitnya terdapat 192 negara yang terdafdar dalam organisasi ini. Semua
negara yang tergabung dalam PBB, menyatakan independensinya masing-masing.
Sekertaris jenderal PBB saat ini adalah Ban Ki-moonasal dari Korea Selatan yang
menjabat sejak tanggal 1 Januari 2007.
Bendera
PBB
Bendera
Perserikatan Bangsa-bangsa pertama kali digunakan pada tanggal
20 oktober 1947. Bendera PBB memuat lambang PBB berwarna Putih dengan latar
belakang berwarna biru. Lambang PBB terdiri dari proyek peta dunia yang berpusat dikutub utara yang
diapit oleh Ranting Zaitun. Ang melambangkan semua masyarakat dunia.
sebuah bendera yang mirip pertama kali dipersentasikan dalam bentuk yang
sedikit berbeda dari bentuk yang sekarang pada konferensi di San Francisco,
April 1945 yang berbeda dalam penggambaran bumi. Bendera tersebut kemudian
disebarkan pada setiap delegasi dan media. Tahun 1946, sebuah komite UNO ( United Nations Organization) nama awal
untuk PBB diberi tugas untuk membuat rancangan tetap yang dipresentasikan pada
2 desember 1946 dan kemudian diterima oleh sidang UNO pada tanggal 7 Desember
1946. Peta dunia versi terdahulu terputar 90 derajat ke arah timur dibandingkan
dengan versi sekarang. Perubahan tersebut, menurut konferensi pers yaitu untuk
memindahkan Amerika Utara dari pusat lambang.
Putih dan Biru adalah warna-warna resmi dari PBB.
Asas
PBB
Asas perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai beriku.
1. Persamaan
derajat dan kedaulatan semua negara anggota.
2. Persamaan
dan kewajiban semua negara anggota
3. Penyelesaian
sengketa dengan cara damai
4. Setiap
anggota akan memberikan bantuan kepada PBB sesuai ketentuan piagam PBB.
5. PBB
tidak boleh mencampuri urusan dalam negeri negara anggota.
Tujuan
PBB
Tujuan perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut.
1. Memelihara
perdamaian dan keamanan dunia
2. Mengembangkan
hubungan persahabatan antar bangsa berdasarkan asas-asas persamaan derajat, hak
menentukan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
3. Mengembangkan
kerja sama internasional dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi, sosial,
budaya, dan kemanusiaan.
4. Menyelesaikan
perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan.
5. Memajukan
dan menghargai hak asasi manusia serta kebebasan atau kemerdekaan fundamental
tanpa membedakan warna, kulit, jenis kelamin, bahasa dan agama.
6. Menjadikan
pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai kerja sama yang harmonis untuk
mencapai tujuan PBB.
16. Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan
A. pengertian
Kewirausahaan.
Secara harfiah
kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ked an
akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait
dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan
bisnis yang komersial atau non-komersial, sehingga kewirausahaan dapat pula
diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan
bisnis.
Dalam bahasa Inggris
wirausaha adalah enterpenuer, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh
Richard Cantilon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entepreneur adalah “agent
who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Dalam
waktu yang tidak terlalu lama, ekonom prancis lainnya – Jean Baptista Say
menambahkan definisi Cantillon dengan konsep enterpreneur sebagai pemimpin.
Secara umum banyak sekali definisi yang dikemukakan oleh para ahli, mengenai
kewirausahaan, dibawah ini akan saya kemukakan beberapa pendapat tersebut yang
diambil dari berbagai sumber :
Harvey Leibenstein
(1968,1979) mengemukakan, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang
dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar
belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas atau komponen fungsi
produksinya belum diketahui sebelumnya.
Penrose (1963) :
Kegiatan kewirausahaan mencakup identifikasi peluang-peluan di dalam sistem
ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas
kewirausahaan.
Frank knight (1921) :
Wirausaha mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini
menekan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika
pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial
mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.
B. tujuan kewirausahaan
Seorang sosiolog
bernama David McCleland mengemukakan bahwa, apabila sebuah negara ingin menjadi
makmur, minimal sejumlah 2% dari presentase keseluruhan penduduk di negara
tersebut menjadi wirausahawan, Indonesia sendiri sampai saat ini menurut sebuah
riset jumlah penduduk yang menjadi wirausaha baru sekitar 0,18%, menurut
informasi yang saya baca di internet
hari ini tanggal 5 maret 2012 jumlahnya talah melonjak tajam menjadi maka
tidaklah mengherankan apabila saat ini kondisi perekonomian Indonesia teringgal
jauh dari negara tetangga yaitu singapura yang memiliki presentase wirausaha
sebesar 7% Malaysia 5%, China 10%, apalagi jika harus dibandingkan dengan
negara adidaya Amerika Serikat yang hampir 13% penduduknya menjadi
wirausahawan.
Maka dari itu, dengan
ditumbuh kembangkannya pengetahuan seputar kewiraysahaan, akan membangkitkan
semangat masyarakat Indonesia khususnya generasi muda atau mahasiswa, untuk
ikut menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, tidak hanya menjadi
pencari kerja (job seeking). Dengan
dilandasi semangat nasionalisme bahwa bangsa indonesia harus mampu bersaing
dikancah percaturan perekonomian dunia. Maka akan banyak mahasiswa yang
termotivasi untukmeningkatkan kualitas dirinya dan mencetuskan ide-ide kreatif
dalam bidang kewirausahaan yang berdaya saing tinggi.
Mengapa dengan semakin
banyak wirausahawan disuatu negara akan meningkatkan daya saing negara tersebut
?, jawabannya saya jira cukup jelas. Pertama sebuah negara yang memiliki
wirausahawan banyak tentunya akan mendapatkan penghasilan yang besar dari
sektor pajak, atas kegiatan ekonomi yang mereka lakukan, coba bayangkan apabila
suatu negara terlalu banyak pegawai negeri sipil yang kurang atau bahkan tidak
produktif, maka mereka setiap bulan memakan anggaran negara untuk menggaji
mereka, namun sumbangsih mereka pada perekonomian nasional sangat minim baik
dari segi pajak maupun tingkat komsumsi.
Mari kita lihat contoh
lainnya, dengan semakin banyak penduduk menjadi wirausaha, maka ekonomi mereka
akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomimereka akan mandiri,
tidak akan bergantung pada sistem ekonomi kapitalis, dalam hal ini pemerintah
harus pro aktif menyediakan modal bagi para pengusaha agar benar-benar
produktif dengan bunga yang kompetetif,
dan tidak menghancurkan pengusaha maupun pemerintah, hasil keuntungan usaha
mereka akan disimpan di bank-bank dalam negeri, sehingga perputaran uang
semakin lancar, dengan hal tersebut modal mereka akan bertambah sehingga mampu
menembus pasar-pasar global, yang
nantinya menaikkan neraca ekspor-impor dan akan menambah devisa negara
secara signifikan, maka dengan hal tersebut sangatlah jelas, bahwa
kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting untuk menaikkan harkat
martabat suatu bangsa dikancah internasional.
Selanjutnya di tinjau
dari segi GNP (Gross National Product),
apabila semakin banyak uang yang dihasilkan oleh putra-putri bangsa Indonesia,
karena berwirausaha maka uang yang dihasilkan berpeluang semakin besar, berbeda
dengan gaji yang nominalnya relatif tetap. Akan meningkatkan GNP yaitu
keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi warga negara penduduk tersebut
dimanapunberada (di dalam dan luar negeri) , dengan meningkatkan GNP ini akan
semakin memperkuat ekonomi nasional secara makro, dan mempercepat roda
pembangunan nasional karena ketersediaan anggaran semakin meningkat.
Dari beberapa dampak
positif kewirausahaan maka dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi
masyarakat dan secara umum meningkatkan harkat dan martabat pribadi
wirausahawan serta bangsa dan negara, dengan pengetahuan tersebut diharapkan
akan semakin banyak warga negara Indonesia khususnya mahasiswa yang terjun
dalam dunia usaha, namun perlu diperhatikandalam berusaha harus mengedepankan
kejujuran, sehingga apa yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
C. Teori Kewirausahaan
Seiring berjalannya
waktu, kewirausahaan semakin berkembang, maka lahirlah berbagai macam teori
tentang kewirausahaan, akan saya coba uraikan berbagai teori kewirausahaan,
diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Neo
Klasik
teori ini memandang perusahaan
sebagai sebuah istilah teknologis, dimana manejemen (individu-individu) hanya
mengetahui biaya dan penerima perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi
matematis untuk menetukan nilai-nilai optimal dari variabel keputusan. Jadi
pendekatan neoklasik tidak cukup mampu untuk menjelaskan isu mengenai
kewirausahaan. Dalam teori ini kemandirian sangat tidak terlihat, wajar saja,
karena ini memang pada masa lampau dimana belum begitu urgen masalah
kemandirian, namun cukup bisa menjadi tori awal untuk melahirkan teori-teori
berikutnya.
2. Kirzerian
Entrepreneur
Dalam teori kirzer menyoroti
tentang kinerja manusia, keuletannya , keseriusannya kesungguhannya, untuk
swa(mandiri), dalam berusaha, sehingga maju mundurnya suatu usaha tergantung
pada upaya dan keuletan sang pengusaha.
Dari berbagai disiplin ilmu,
lahirlah teori kewirausahaan yang dipandang dari sudut pandang mereka masing-masing.
Teori ekonomi memandang bahwa lahirnya wirausaha disebabkan karena adanya
peluang, dan ketidakpastian masa depanlah yang akan melahirkan peluang untuk
dimaksimalkan, hal ini berkaitan dengan keberanian mengambil peluang,
berspekulasi, menata organisasi, dan melahirkan berbagai macam inovasi. Teori
sosiologi lebih mempelajari tentang asal-usul budaya dan nilai-nilai sosial
masyarakat, yang akan berdampak pada kemampuannya menanggapi peluang usaha dan
mengelola usaha, sebagai contoh orang etnis cina dan padang dikenal sebagai
orang yang ulet mengusaha, maka fakta dilapangan menunjukkan, bahwa banyak
sekali orang cina dan padang yang meraih kesuksesan dalam berwirausaha.
Selanjutnya teori psikologi menurut saya teori ini lebih menekankan pada motif individu
yang melatarbelakangi dirinya untuk berwirausaha, apabila sejak kecil
ditanamkan untuk berprestasi,maka lebih besar kemungkinan seorang individu
lebih berani dalam menganggapi peluang usaha yang diperolehnya.
Yang terakhir adalah teori
perilaku, bagaimana seorang wirausahawan harus memiliki kecakapan dalam
mengorganisasikan suatu usaha, memaneje keuangan dan hal-hal terkait, membangun
jaringan, dan memasarkan produk, dibutuhkan pribadi yang supel dan pandai
bergaul untuk memajukan suatu usaha.
17. Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang
bermanfaat
18. dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam
kehidupan sehari-hari
19.
Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renag gaya bebas
dan menguasai 1 (satu) olahraga tim
20. Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan.
Saat seorang anak memasuki masa remaja atau masa
puberitas, terjadi perkembangan pada fisik dan memiliki kemampuan untuk
berproduksi. Pada masa puberitas hormon seorang menjadi aktif dalam memproduksi
2 jeenis hormon yaitu :
1. FSH
(Follicle Stimulating Hormone)
2. LH
( Luteinzing Hormone )
Pada anak perempuan, kedua hormon tersebut akan
merangsang pertumbuhan ekstrogen dan progesteron yang merupakan 2 jenis hormon
kewanitaan. Sedangkan pada anak laki-laki, LH akan merangsang pertumbuhan
testisteron.
Berikut ini adalah perbedaan fisik/biologis antara
perempuan dan laki-laki.
Perempuan
|
Laki-laki
|
Tubuh
perempuan lebih menonjolkan garis-garis melingkar, bulat dan sering dianggap
sebagai lambing kasih sayang, kelembutan dan perasaan aman
|
Tubuh
laki-laki menonjolkan garis-garis lurus dan tegak yang dianggap melambangkan
keperkasaan dan
kekuasaan
|
Suara
kecil dan ringan, leher rata
|
Suara
besar dan ada jakun pada leher
|
Bahu
relatif kecil dan melengkung
|
Bahu
lebar (berbentu kotak)
|
Dada
membesar kedepan
|
Dada
lapang
|
Pinggang
kecil tapi tulang pinggung lebih besar dan membulat
|
Pinggul
lebih kecil dari pada bahu
|
Paha
pinggang kecil tapi tulang pinggul lebih besar dan membulat besardan kaki
meruncing kebawah
|
Kaki
tegak lurus dan sering terlihat otot-ototnya.
|
Lengan
dan tangan relatif lembut dan lemas
|
Lengan
dan tangan relatif keras dan berotot
|
Rambut
dimuka relatif tidak mudah tumbuh
|
Bulu
rambut lebih gampang tumbuh dimuka seperti kumis, cambang dan jenggot
|
Alat
kelamin tersembunyi didalam rongga tubuh
|
Alat
kelamin berada diluar rongga tubuh
|
21.
Dapat memimpin baris berbaris sangganya,
dapat menjelaskan tentang gerakan baris-berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri
atas gerakan ditempat.
a. Pengertian
Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik,
yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang
diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.
b. Maksud dan tujuan
1) Guna
menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung
jawab.
2) Yang
dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan
pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani
dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
3) Yang
dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenaggungan serta ikatan
yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
4) Yang
dimaksud rasa disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan
pribadi yang pada hakikatnya tidak lain dari pada keikhlasan penyisihan pilihan
hati sendiri.
5) Yang
dimaksud rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung
resiko terhadap dirinya sendiri, tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak
mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.
1.
Aba-aba
a. Pengertian
Aba-aba adalah suatu perintah yang
diberikan oleh seseorang pemimpin kepada yang dipimpin untuk dilaksanakannya
pada waktu secara serentak dan berturut-turut.
b. Macam
aba-aba
Ada tiga macam aba-aba yaitu:
1) Aba-aba
petunjuk
2) Aba-aba
peringatan
3) Aba-aba
pelaksanaan
1. Aba-aba
petunjuk dipergunakan hanya jika perlu untuk menegaskan maksud daripada aba-aba
peringatan/pelaksanaan.
Contoh :
a) Kepada
pemimpin Upacara-Hormat-GERAK
b) Untuk
amanat-istirahat-di tempat-GERAK
2. Aba-aba
peringatan adalah inti perintah yang cukup jelas, untuk dapat dilaksanakan
tanpa ragu-ragu.
Contoh :
a) Lencang
kanan – GERAK ( bukan lancang kanan)
b) Istirahat
ditempat – GERAK (bukan ditempat gerak)
3. Aba-aba
pelaksanaan adalah ketegasan mengenai saat untuk melaksanakan aba-aba
pelaksanaan yang dipakai ialah:
a) GERAK
b) JALAN
c) MULAI
a. GERAK
adalah untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan tanpa meninggalkan tempat dan
gerakan-gerakan yang memakai anggota tubuh lain.
Contoh :
-jalan
ditempat -GERAK
-siap -GERAK
-hadap
kanan -GERAK
-lencang
kanan -GERAK
b. JALAN
adalah untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan dengan meninggalkan tempat.
Contoh
:
-haluan
kana/kiri -JALAN
-dua
langkah kedepan -JALAN
-satu
langkah kebelakang -JALAN
catatan:
Apabila gerakan
meninggalkan tempat itu tidak dibatasi jaraknya, maka aba-aba harus didahului
dengan aba-aba peringatan – MAJU
contoh:
-maju
-JALAN
-haluan
kanan/kiri -JALAN
-melintang
kanan/kiri maju -JALAN
Tentang istilah:
“maju”
·
Pada
dasarnya digunakan sebagai aba-aba peringatan terhadap pasukan dalam keadaan
berhenti.
·
Pasukan
yang sedang bergerak maju, bila mana harus berhenti dapat diberikan aba-aba
HENTI.
Misalnya
:
·
Ada
aba-aba hadap kanan/kiri maju – JALAN karena dapat pula diberikan aba-aba :
hadap kanan/kiri henti GERAK
·
Ada
aba-aba hadap kanan/kiri maju – JALAN karena dapat pula diberikan aba-aba :
hadap kanan/kiri henti GERAK
·
Balik
kanan maju/JALAN, karena dapat pula diberikan aba-aba : balik kanan henti-GERAK.
Tidak dapat diberikan
aba-aba langkah tegap maju JALAN, aba-aba belok kanan/kiri maju –JALAN terhadap
pasukan yang sedang berjalan dengan langkah biasa, karena tidak dapat diberikan
aba-aba langkah henti-GERAK, belok kanan/kiri-GERAK.
Tentang aba-aba “henti”
Pada
dasarnya aba-aba peringatan henti digunakan untuk menghentikan pasukan yang
sedang bergerak, namun tidak selamanya aba-aba peringatan henti ini harus
diucapkan.
Contoh :
Empat
lankah kedepan –JALAN , bukan barisan-jalan. Setelah selesai pelaksanaan dari
maksud aba-aba peringatan, pasukan wajib berhenti tanpa aba-aba berhenti.
c. MULAI
: adalah untuk dipakai pada pelaksanaan perintah yang harus dikerjakan
berturut-turut.
Contoh :
-hitung -MULAI
-tiga bersaf kumpul -MULAI
4. Cara memberi aba-aba
a) Waktu
memberi aba-aba, pemberi aba-aba harus berdiri dalam sikap sempurna dan
menghadap pasukan, terkecuali dalam keadaan yang tidak mengijinkan untuk
melakukan itu.
b) Apabila
aba-aba itu berlaku juga untuk si pemberi aba-aba, maka pemberi aba-aba terkait
pada tempat yang telah ditentukan untuknya dan tidak menghadap pasukan.
Contoh
: kepada pembina upacara-hormat-GERAK
Pelaksanaanya:
·
Pada waktu memberikan aba-aba mengahadap
kearah yang diberi hormat sambil melakukan gerakan penghormatan berasama-sama
dengan pasukan
·
Setelah penghormatan selesai
dijawab/dibalas oleh yang menerima penghormatan, maka dalam keadaan sikap
sedang memberi hormat si pemberi aba-aba memberikan aba-aba tegak : GERAK
dan kembali kesikap sempurna.
c) Pada
taraf permulaan aba-aba yang ditunjukkan kepada pasukan yang sedang
berjalan/berlari, aba-aba pelaksanaan gerakannya ditambah 1 ( satu ) langkah
pada waktu berjalan,pada waktu berlari ditambah 3 ( tiga ) langkah.
·
Pada taraf lanjutan, aba-aba pelaksanaan
dijatuhkan pada kaki kanan ditambah 2 ( dua ) langkah untuk berjalan / 4 (
empat ) langkah untuk berlari
d)
Aba-aba
diucapkan dengan suara nyaring-tegas dan bersemangat.
e)
Aba-aba
petunjuk dan peringatan pada waktu pengucapan hendaknya diberi antara.
f)
Aba-aba
pelaksanaan pada waktu pengucapan hendaknya dihentakkan
g)
Antara
aba-aba peringatan dan pelaksanaan hendaknya diperpanjang disesuaikan dengan
besar kecilnya pasukan.
h)
Bila
pada suatu bagian aba-aba diperlukan pembetulan maka dilakukan perintah ULANG!
Contoh : Lencang kanan = Ulangi – siap GERAK
22. Dapat Menyebutkan beberapa penyakit
infeksi,degenerative, dan penyakit yang
disebabkan
perilaku tidak sehat.
PENYAKIT
INFEKSI
Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan
karena masuknya bibit penyakit.
Penyakit ini menular dari satu orang ke orang
lain.Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita
penyakit dari golongan ini.
Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan
jasad hidup ( organism ).
Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector.
A.Contoh – contoh penyakit infeksi :
1.
Penyebab penyakit adalah bakteri ( jasad renik dan kuman )
TBC :
ditularkan melalui udara
Tetanus : melalui luka yang kotor
Mencret : lewat batuk udara
Pneumonia
: lewat batuk ( udara )
Gonorrhea
dan sifilis : hubungan kelamin
Sakit
telinga : dengan selesma ( masuk angin
dan pilek )
2.Penyebab
penyakit adalah virus ( kuman yang lebih kecil daripada bakteri )
a. Selesma, influenza, campak,
gondok:ditularkan melalui udara, batuk
ataupun lalat.
b.Rabies : melalui gigitan binatang
c.Penyakit kulit : melalui sentuhan
3.
Jamur, Kurap, Kutu air, dan gatal pada lipatan paha :
Ditularkan melalui sentuhan atau dari
pakaian yang di pakai secara
Bergantian.
4.
Parasit internal ( hewan yang berbahaya yang hidup di dalam tubuh )
a. Disentri
: ditularkan dari kotoran kemulut
b. Malaria
: melalui gigitan nyamuk
5.
Parasit eksternal ( hewan yang berbahaya yang hidup di permukaan tubuh )
Kutu rambut, kutu hewan, kutu busuk berupa
kudis :
penularannya dari orang-orang yang telah
terinfeksi atau melalui pakaian
B.Pengobatan
Infeksi dengan antibiotic
Terkadang
antibiotika merupakan obat yang mujarab dan penting untuk
Mengatasi
infeksi.Antibiotika yang sering digunakan dan ditemui di pasaran
Adalah
penicillin.tetracycillin streptomycin, dan chloramphenicol.
Masing-masing
antibiotika bekerja sama dengan cara berlainan terhadap
sesuatu infeksi khusus.
Akan
tetapi, antibiotika juga memiliki efek samping dan perlu digunakan
secara hati-hati. Dan perlu digunakan secara terbatas dengan
memperhatikan
hal-hal berikut.
1.
Reaksi
dan efek peracunan
Antibiotika tidak hanya membunh bakteri, tetapi juga berbahaya
bagi tubuh.Efek peracunanya maupun karena kemungkinan terjadi alergi sangat
besar.Banyak orang meninggal dunia setiap tahunnya karena mereka menggunakan
antibiotika yang sebetulnya tidak diperlukan bagi dirinya.
2.
Mengganggu
keseimbangan alami
Tidak semua bakteri didalam tubuh bersifat
membayakan.Sebagian diantaranya diperlukan tubuh agar dapat berfungsi secara
wajar.
Antibiotik seringkali mematikan bakteri yang berguna
bagi tubuh bersama-sama membantu mengendalikan pertumbuhan ikut terbunuh oleh
antibiotika.
3.
Kekebalan
terhadap pengobatan
Dalam jangka panjang, alasan yang paling penting
mengapa penggunaan antibiotika harus dibatasi ialah khasiatnya berkurang jika
anti biotika digunakan terlalu sering.Apabila bakteri diserang berkali-kali
dengan antibiotika yang sama, bakteri tersebut menjadi lebih kuat dan menjadi
imun.
Berikut
adalah beberapa tips untuk mencegah anda terkena penyakit infeksi :
Ø
Sering
mencuci tangan .
Mencuci tangan membantu menghilangkan kuman yang anda
dapatkan dari binatang, tempat kotor, atau benda-benda terkontaminasi.
Anda terutama
sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum, selama dan sesudah menyiapkan
makanan, sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi,dan setelah memegang
binatang.
Ø
Rutin
membersihkan dan mensterilkan lantai dan permukaan, terutama di dapur dan kamar
mandi.
Sabun biasanya cukup membersihkan kedua tempat itu,
tetapi akan lebih aman bila juga menggunakan desinfektan.
Ø
Jauhi
penderita penyakit yang mudah menular melalui kontak
Misalnya flu,cacar air atau belekan.Bila anda tidak
dapat mengihindarinya,
Berhati-hatilah agar tidak menyentuh wajah anda dengan
tangan sebelum anda mencucinya.
Ø
Cegah
perkembang biakan nyamuk deman berdarah dan nyamuk lainnya
Dengan gerakan 3M Plus ( Menguras,Menutup,Mengubur,
dan menggunakan anti nyamuk ). Pastikan tidak ada yang menggenang di rumah,
kuras kamar mandi secara teratur,tutup tempat-tempat yang berpotensi
mengumpulkan air dan kubur botol, pot, tempayang dan benda-benda penampung air
lainnya.
Ø
Masak
dan sajikan makanan dengan aman.
Ketahuilah makanan mana yang harus selalu disimpan di
kulkas. Jangan biarkan makanan yang mudah basi seperti susu segar, bakso,
nugget ayam, dan lainnya di tempat terbuka lebih dari dua jam.
Tutuplah makanan dengan rapat agar tidak dihampiri lalat.
Cucilah buah-buahan dan sayuran mentah dengan
bersih.Masakalah daging,ayam dan telur sampai betul-betul matang. Pastikan kita
membelinya dari sumber yang terpercaya.Daging yang bersumber tidak jelas dapat
membawa penyakit antaranya dan flu burung yang sangat berbahaya.
Ø
Dapatkan
imunisasi
Pastikan bayi mendapatkan semua immunisasi yang
dibutuhkan sesuai jadwal.Bila akan bepergian ke daerah yang rawan,dapatkan
immunisasi yang tepat sebelum kita berangkat ke sana.
Jemaah haji wajib mendapatkan imunisasi meningitis
sebelum berangkat.
Ø
Gunakan
antibiotik dengan bijak.
Flu, deman berdarah, dan infeksi Virus lainnya tidak
dapat diobati dengan antibiotik.Bakteri dapat menjadi resisten bila mendapatkan
antibiotik pada saat kita tidak memerlukannya.
Ø
Jagalah
kebersihan dan kesehatan hewan piaraan.
Berikan immunisasi yang memadai kepada mereka.
Pisahkan dengan tegas barang-barang yang dipakai
anggota keluarga kita.
Bersihkan kotoran dan kandang mereka dengan teratur
menggunakan sabun dan desifektan.
Ø
Hindari
kontak dengan binatang liar yang mungkin membawa penyakit berbahaya.
Tikus dapat membawa penyakit pes dan leptospirosis.
Burung dan ayam liar dapat membawa virus flu burung.
Kucing dan anjing liar dapat menularkan rabies.
Ø
Makanlah
makanan yang kaya antioksidan dan multivitamin A,C dan E, tubuh akan memiliki
system imun yang lebih baik dengan mengkonsumsinya.Bila system imun kita
lemah,konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang dapat
meningkatkannya.
PENYAKIT DEGENERATIF
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul
akibat kemunduran fungsi sel .Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk
menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel
tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Sedikitnya ada 50 yang
termasuk penyakit degeneratif diantaranya : diabetes mellitus,stroke,jantung
koroner,kardiovaskular,obesitas,dislipidemia,hipertensi,penyakit jantung, asam
urat dan sebagainya.
Penyakit degeneratif terjadi karena adanya prose
penuaan,biasanya terjadi saat usia bertambah tua.Tetapi saat ini penyakit
degeneratif dapat terjadi pada saat orang yang umurnya lebih muda. Terutama di
Indonesia,penyakit degeratif saat ini banyak terjadi di kalangan muda dan di
perkotaan.Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan
modernisasi.Perubahan gaya hidup ini dapat dilihat secara jelas antara lain
dengan munculny tempat-tempat makan “junk food” adalah makanan tidak sehat
karena memiliki nilai nutrisi rendah.Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh (
saturated fat ),
Garam dan gula
serta bermacam-macam additive seperti monosodium glutamatedan tartazine
dengan kadar yang tinggi.Junk food hamper tidak
mengandung protein, vitamin serta serat
yang sangat dibutuhkan tubuh.Masih menurut WHO,hingga akhir tahun 2005
saja penyakit degeratif telah menyebabkan kematian hamper 17 juta orang
diseluruh dunia.Jumlah ini menempatkan penyakit degeneratif menjadi penyakit
pembunh manusia terbesar.
Berikut ini prilaku tidak sehat yang sering kita
lakukan, serta cara mengatasinya
1.
Stress
Berlebihan
Sejak dulu, kita tahu bahwa stress yang berlebihan
dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung,
serta membuat kita tidak nyaman. Stres yang berlebihan juga memacu penuaan diri
.Ibu-ibu yang memiliki anak-anak dengan penyakit kronis merupakan orang-orang
yang mengalami steres, dan mengalami penuaan dini yang paling ekstrim.
Cara cepat untuk mengurangi stress adalah dengan
menarik nafas dalam-dalam yang disebut dengan pernafasan difragmatik.Untuk
jangka panjangnya, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi
stress.
2.
Minum
Alkohol
Bukan merupakan suatu kebetulan bila alcohol merupakan
kabar buruk mengenai stres.Para wanita sebaiknya membatasi diri meminum minuman
beralkohol. Berbagai gangguan kesehatan juga bias timbul dari kebiasaan minum
alkohol yang berlebihan.Termasuk serangan jantung,kangker hati,kangker
tenggorokan, dan kangker payudara.
3.
Kurang
Bergerak
Dengan sedikit menggerakkan tubuh, kita dapat
memperpanjang hidup serta mengurangi kelebihan berat,mengurangi stress, dan
bahkan mencegah penyakit Alzheimer. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu
dengan berjanji pada diri sendri bahwa diri kita akan lebih aktif.Parkirlah
mobil dari jauh pintu masuk, menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift,
melakukan olahraga/senam, jalan kaki selama 30 menit atau lebih banyak selam
lima kali atau lebih dalam satu minggu.
4.
Mengkomsumsi
Makanan Berlemak
Lemak yang dikomsumsi secara berlebihan dapat memacu
kolesterol tinggi dan merangsang penyakit jantung. Biasakan diri mengkomsumsi
makanan yang non-kolesterol dan berkadar lemak rendah.
Tips:Takar asupan lemak,jangan lebih dari 10 persen (
atau kurang ) dari seluruh kalori.
5.
Merokok
Untuk mengukur bahaya kanker dan kerutan dini,kita
dapat mengganti rokok dengan permen karet rasa nikotin.Berdasarkan penelitian
di tahun 2004, permen karet rasa nikotin memberikan hasil dua kali lipat dimana
perokok berhenti merokok dibandingkan dengan keinginan/janji si perokok untuk
berhenti merokok .
6.
Menghirup
Udara Polusi
Polusi dapat menyebabkan batuk dan sakit mata/mata
perih dan hal ini berhubungan dengan serangan pada penyakit asma dan saluran
pernafasan.Usahakan untuk berada didalam ruangan sebanyak yang kita bias bila
kadar udara sedang tinggi.
7.
Terlalu
Sering Kena Sinar Matahari
Batasi didi dari sengatan matahari dan gunakan tabir
matahari, paling tidak yang mengandung SPF 15 untuk mencegah resiko kangker
kulit dan juga kerutan
8.
Kurang
Tidur
Kurang tidur berhubungan dengan obesitas,diabetes,tekanan
darah tinggi dan masalah ingatan. Singkirkan segera Televisi dan benda-benda
elektronik lain yang mengganggu ketenangan dari kamar tidur anda.Tata kembali
kamar tidur dan ciptakan suasana tidur
yang nyaman dengan lampu yang temaran yang membuat anda tidur dengan nyenyak.
9.
Kelebihan
Berat Badan
Kelebihan berat badan dapat memicu kemungkinan
penyakit serangan jantung,diabetes,bahkan kanker.Penelitian mutakhir menyatakan
jenis diet yang dilakukan kurang penting dibandingkan dengan komitmen anda
untuk melakukan diet tersebut dengan disiplin
10. Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Gula yang berlebihan dapat menaikkan berat badan dan
kemungkinan terserang penyakit jantung. Ahli nutrisi menyarangkan untuk menjaga
tambahan gula pada makana kecil / cemilan dan kue kue kering sampai 12 sendok
the perhari pada diet berkalori 2200, selain itu diganti makanan yang
manis-manis dengan buah-buahan dan sayuran segar.
23.Ikut
serta perkemahan selama 3 hari berturut – turut.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar