Jumat, 15 Mei 2015

Makalah Penyelesaian SKU







SYARAT – SYARAT KECAKAPAN UMUM
1.      Islam
·         Dapat menjelaskan makna rukun iman dan rukun islam
Makna rukun iman
1.      Makna iman kepada Allah
Iman kepada allah bermakna bahwa kita meyakini tentang penjelasan Allah dan Rasulnya mengenai keberadaan Tuhan. Untuk lebih terperinci lagi, makna iman kepada Allah dapat kita jabarkan dalamempat poin.

Pertama meyakini bahwa penciptaan manusia adalah kehendak Allah dan tidak mahluk lain yang terdapat di semesta alam tanpa pengetahuan Allah swt, kedua ialah meyakini bahwa Allah lah yang menciptakan bumi dan alam semesta dan Allah pulalah yang memberikan reski kepada manusia dan mahluk lainnya. Ketiga, yaitu meyakini bahwa Allahlah yang patut disembah dan hanya kepadaNyalah segala ibadah ditujukan, misalnya berzikir, sujud, berdoa, dan meminta. Semuanya hanya kepada Allah semata. Keempat yaitu meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam alquran (Asmaul Husna).

2.      Makna beriman kepada malaikat
Malaikat ialah mahluk gaib yang diciptakan Allah dari cahaya, dengan ketaatan selalu menjalankan perintah Allah dan kesanggupannya untuk beribadah kepada Allah. Malaikat diciptakan tidak memiliki sikap ketuhanan dan hanya Allahlah Tuhan semesta alam. Jumlah malaikat sangat banyak dan semuanya tunduk dan menjalankan perintah Allah swt.
Makna beriman kepada malaikat dapat dijabarkan kedalam empat poi: pertama,mengimani wujud mereka.
Kedua, mengimani nama-nama malaikat yang telah kita ketahui namanya, sedangkan yang kita tidak ketahui namanya kita mengimaninya secara ijmal (garis besar).
Ketiga, mengimani sifat malaikat yang terdapat dalam hadis, misalnya Rasulullah saw, pernah bertemu langsung dengan malaikat jibril yang memiliki 600 sayap (Bukhari) di hadis lain dikatakan setiap sayap malaikat Jibril menutupi setiap ufuk (Ahmad).
Dan keempat, yaitu mengimani tugas malaikat seperti yang telah diberitahukan kepada kita. Malaikat senantiasa beribada kepada Allah; bertasbih siang dan malam dan berthawaf di Baitul Ma’mur dan lain sebagainya.


3.      Makna beriman kepada Kitab-Kitab Allah

Pertama, mengimani bahwa kitab itu datangnya dari Allah swt.
Kedua, mengimani kitab tersebut baik secara rinci (tafshil) maupun secara garis besar (ijmal), tafshil artinya mengimani bahwa kitab yang diturunkan kepada Nabi ini adalah Kitab ini, sedangkan secara garis besar kita meyakini bahwa kitab diturunkan kepada Nabi dan Rasul meskipun tidak diketahui namanya.
Ketiga, yaitu membenarkan perkataan yang tertulis dalam kitab-kitab tersebut yang masih murni (belum dirubah).
Keempat, mengamalkan hukum yang tertulis dalam kitab tersebut selama kitab tersebut belum “dihapus” , yang dimaksud dengan kata dihapus disini ialah, kita hanya mengimani satu kitab saja yaitu Alquran, karena kehadiran Alquran mengakibatkan kitab-kita sebelumnya terjadi mansukh (dihapus). Al quran ialah kitab yang mewakili setiap umat sampai akhir masa.

4.      Makna beriman kepada Nabi dan Rasul

Beriman kepada Nabi dan Rasul, bermakna bahwa kita meyakini Nabi dan Rasul ialah manusia utusan Allah yang diutus dimuka Bumi untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman. Meyakini bahwa Nabi danRasul adalah mahluk yang diutus Allah ke bumi untuk memberikan petunjuk ke umat manusia hingga kembali kejalan lurus. Beriman kepada Nabi dan Rasul artinya ialah memercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun sebagai sauri teladan. Dengan mengatahui maka beriman kepada Nabi dan Rasul, Manusia sebagai hamba yang mulia sudah sepantasnya meyakininya dan mengikuti jejak suri teladan Nabi dan Rasul.

5.      Makna beriman kepada hari akhir

Beriman kepada hari akhir artinya kita meyakini tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, seperti lahirnya Dajjal turunnya isa As. datangnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat. Kemudian diangkatnya ilmu dari muka bumi yang ditandai dengan wafatnya para ulama, semakin banyak terjadi perzinaan, amanah tidak lagi dijalankan, urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, jumlah perempuan jauh melebihi jumlah laki-laki dan terjadi kekacuan dan pembunuhan dimana-mana.
Selain itu pula makna beriman kepada hari akhir yaitu bahwa kita mengimani kejadian gaib lainnya seperti dibangkitkannya manusia dari kubur, dikumpulkannya manusia di padang mashar, adanya hari pembalasan, adanya siksa kubur dan nikmat kubur, dan meyakini adanya Surga dan neraka. Semua dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah.




6.      Makna beriman kepada Qada dan Qadar

Makna beriman kepada qada san qadar artinya ialah kita mengimani bahwa apapun yang terjadi dimuka bumi bahkan kepada diri kita sendiri sebagai manusia yang baik maupun buruk merupakan kehendak dari  Allah swt.
Namun keburukan tersebut tidak dinisbahkan kepada Allah, melainkan kepada manusia sebagai mahluk ciptaanNya, sedangkan jika keburukan tersebut dikaitkan dengan Allah, maka keburukan tersebut merupakan suatu bentuk keadilan terhadap sesuatu pihak yang tidak dapat terduga oleh pengetahuan manusia. Allah menciptakan  mudharat pastilah ada maslahat. Di setiap keburukan terdapat makna yang  mendalam, baik itu diketahui oleh manusia, maupun tidak diketahui oleh manusia.
            Makna rukun islam

Syahadat adalah agreement (perjanjian) antara seorang muslim dengan Allah swt [7.172]. seseorang yang telah menyatakan Laa ilaha ilallah berarti telah siap untuk fight (bertarung) melawan segala bentuk ilah diluar Allah di dalam kehidupannya [29:2].

Shalat adalah training : sebagai latihan agar setiap muslim didalam kehidupannya adalah dalam rangka sujud (beribadah) kepada Allah [6:162]

Zakat adalah training, yaitu sebagai latihan agar menginfakkan hartanya, karena setiap harta seorang muslim adalah hak milik Allah.[57:7 , 59:7]. “Engkau ambil zakat itu dari orang-orang kaya mereka dan engkau kembalikan kepada orang-orang fakir mereka” (HR Mutafaqun ‘alahi).

Shaum adalah training, yaitu sebagai latihan pengendalian kebiasaan pada jasmani, yaitu makan dan minum dan ruhani,yaitu hawa nafsu. [2:185]

Haji adalah training, yaitu sebagai latihan dalam pengorbanan jiwa dan harta dijalan allah, mengamalkan persatuan dan persamaan  derajat dengan sesama manusia. [22:27-28]
·         Mampu menjelaskan makna shalat berjamaah dan dapat mendirikan sholat sunah secara indvidu.
Shalat jamaah bermakna untuk menyatukan dan mengkokohkan umat muslim dalam beribadah kepada Allah swt. Suatu pekerjaan akan menyenangkan jika dilakukan secara bersama-sama. Kedekatan seorang muslim, bukan hanya pada saat mereka melakukan silaturahmi antara sesamanya, tetapi juga dari rutinitas mereka melakukan shalat berjamaah.


·         Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam puasa
Puasa adalah karakteristk moral dan spiritual yang unik dalam islam. Secara harfiah puasa dalam islam didefinisikan untuk menjauhkan diri “sepenuhnya” dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam, selama seluruh bulan ramadhan , bulan kesembilan dalam tahun islam.

Tetapi jika kita membatasi arti dari Puasa Islam ini pengertian literal, kita akan sedikit keliru. Puasa tidak hanya mengenai lapar fisik dan haus yang merupakan puasa Muslim, tetapi malam sebelum awal puasa sebelum memperoleh karakter yang  jauh lebih penting dan memainkan peran sentral  dalam institusi puasa. Kaum muslim bangun berjam-jam sebelum fajar untukberdoa dan mengingat Allah. Juga Alquran dibacakan disetiap rumah Muslim lebih banyak dibanding hari-hari biasa. Sebagian besar dari malam demikian dihabiskan dalam latihan spiritual yang membentuk diri sehingga puasa jadi lebih bermakna.

Pada siang hari, selain menahan dari makanan dan air, semua umat islam terutama didesak dari bicara sia-sia, pertengkaran dan perkelahian, atau dari pekerjaan seperti dibaeah martabat seorang mukmin sejati. Tidak mengumbar kesenangan duniawi diperbolehkan, bahkan suami dan istri disiang hari menjalani kehidupan yang terpisah, kecuali untuk hubungan manusia formal yang umum untuk semua orang.
Macam-macam puasa
1.      Puasa wajib
Puasa wajib yaitu puasa yang dilakukan pada bulan kesembilan dalam kalender islam, yaitu bulan ramadan, dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri dengan shalat Idul Fitri.
2.      Puasa sunnah
Ada kalanya dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah, seperti Tradisi Nabi Muhammad Saw. Di antara waktu :
Setiap hari senin dan kamis dari seminggu
Hari ke-13, 14, dan 15 setiap bulan lunar
Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan)
Hari Arafat (tanggal 9 Dzulhijjah di (Hijriah) Islam Kalender)
Hari Ashuraa (10 Muharram dalam (Hijriah) islam kalender), dengan suatu hari lagi puasa sebelum atau setelahnya.


3.      Puasa kafarat
Yakni bayaran yang diberikan karena tidak mampu memberikan apa yang seharusnya dari hukum yang dilanggar dikarenakan lalai menjalankan kewajiban. Penyebab puasa ini berdasarkan antara lain:
1.      Apabila seseorang yang tidak mampu memberi makan sepuluh fakir miskin sebanyak atau membebaskan seorang budak, maka ia harus berpuasa selama tiga hari.
2.      Jika seseorang membunuh seorang mukmin dan ia tidak mampu membayar uang darah (tebusan) atau mungkin memerdekakan seorang budak, maka ia harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut.

·         Tahu tata cara menyelenggarakan jenazah
Memandikan jenazah
1.      Sesusai wasiat si mayit
Jika si mayit telah mewasiatkan kepada seseorang tertentu untuk memandikan jenazahnya maka orang itulah yang berhak memandikan.
2.      Jika si mayit tidak mewasiatkan kepada siapapun
 Maka yang berhak adalah ayahnya atau kakek-kakeknya, kemudian anak laki-lakinya atau cucu-cucunya yang laki-laki.
3.      Jika tidak ada yang mampu
Keluarga mayit boleh menunjuk orang yg amanah lagi terpercaya untuk memandikannya.
4.      Jika si mayit adalah seorang wanita,(sesuai dengan wasiatnya jika ada)
Jika tidak ada maka ibunya atau nenek-neneknya, kemudian anak perempuannya atau cucu-cucunya yang perempuan. Jika tidak ada diantara tersebut maka keluarganya boleh menunjuk seorang wanita yang amanah lagi terpercaya untukmemandikannya.
Tempat memandikan jenasah
1.      Harus tertutup, baik dinding maupun atapnya.
Diangjurkan agar yang memandikan jenazah tersebut memlih 2 orang dari keluarga si mayit. Seorang diantaranya taat dan memahami, agar dapat memberikan pengarahan ketika memandikan jenazah dan dibolah balikkan agar mudah-mudahan menjadi pelajaran baginya.
Tidak diperbolehkan masuk ketempat memandikan jenasah tersebut lebih dari 3 orang.
Karena hal itu tidak disukai.
                        Perlengkapan bagi yang memandikan jenazah.
1.      Hendaklah ia memakai penutup hidung dan mulut agar bau yang tidak sedap tidak sampai tercium olehnya.
2.      Hendaklah ia memakai pelindung tubuh yang baik agar kotoran-kotoran seperti sisa air perasaan daun bidara atau sisa-sisa air kapur barus tidak menegenai pakaiannya.
3.      Hendaklah ia memakai sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit si mayit dan agar kotoran-kotoran tidak mengenai kedua tangannya.
·         Dapat membaca doa ijab qobul zakat
Ada ulama yang menjelaskan bahwa menunaikan zakat harus terdapat akad penyerahan dan penerima zakat (wajib adanya ijab qobul). Jika tidak maka zakatnya dianggap sebagai sadaqah/sunnah saja. Ijab qobul zakat hendaknya disebutkan secara jelas yaitu dengan menyatakan: “ Aajaraka Allahu fi maa a’thaita wa baraka fi maa abqaita” (mudah-mudahan Allah memberikan pahala dan harta yang telah engkau berikan dan mudah-mudahan pula Allah memberikan keberkahan pada harta anda yang lainnya). Baik itu ditunaikan secara langsung kepada yang membutuhkan atau melalui BAZ/LAZ.
·         Dapat menghafal minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut
§  Hadis/sunnah qauliyah
Hadis qauliyah adalah hadis berisi perkataan-perkataan yang langsung diucapkan oleh Rasulullah di hadapan para sahabatnya. Hadis/sunnah qauliyah, dicirikan dengan ungkapan yang khas, yaitu:
“ Hubungan seorang mukmin dengan mukmin lainnya ibarat satu bangunan, sebagian yang setu mendukung/menguatkan bagian yang lainnya” (HR. Bukhari-Muslim)
·         Hadis/sunnah qauliyah memiliki kedudukan pada posisi pertama dalam pembagian hadis/sunnah. Urutan tersebut menunjukan bahwa kualitas hadis qauliyah berada di atas hadis/sunnah fi’liyah maupun taqririyah.
·         Hadis/sunnah fi’liyah
Hadis/sunnah fi’liyah berarti hadis yang berbentuk pernyataan sahabat yang menggambarkan perilaku/perbuatan yang dilakukan oleh Nabi yang kemudian dijadikan sebagai dasar hukum yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh umat islam.
Ciri khas dari hadis/sunnah fi’liyah adalah selalu didahului dengan pernyataan-
“Sesungguhnya khafsah, istri Nabi SAW berkata: “saya tidakpernah melihat Rasulullah melakukan shalat sambil duduk sehingga ia melakukannya menjelang wafanya setahun atau dua tahun”.
Hadis/sunnah fi’liyah menduduki posisi kedua setelah hadis/sunnah qauliyah dan berada di atas hadis taqririyah
§  Hadis/sunnah Taqririyah

Hadis/sunnahtaqririyah adalah yang berupa ketetapan Nabi Saw atau persetujuan Nabi SAW atau perbuatan yang dilakukan oleh sahabatnya.
berikut adalah contoh hadis taqriri diantaranya adalah :
1.      Hadis tentang daging biawak
Dijelaskan dalam sebuah hadis bahwa pada suatu hari Nabi Muhammad SAW disuguhi makanan, diantaranya daging”dhab” (sejenis biawak). Beliau tidak memakannya sehingga khalid bin walid bertanya:








“Apakah biwak ini haram? Nabi menjawab: “tidak, hanya saja (binatang ini)
tidak ada didaerah kaumku. Makanlah , karena itu halal” Khalid berkata: “segera aku memotongnya dan memakannya, sedangkan Rasulullah menyaksikanku”. (HR. Bukhari-Muslim)









“Dari Abu Sa’ad al-Khuyudriyi berkata:”Dua orang laki-laki pergi melakukan perjalanan. Ketika sampai waktu shalat, keduanya tidak mendapatkan air. Mereka (berdua)bertayamum dengan debu yang bersih, lalu keduanya mendirikan shalat. Setelah itu mereka menemukan air. Salah seorang dari keduanya berwudhu dan mengulangi shalatnya, sedangkan yang lain tidak. Lalu keduanya datang menghadap Rasulullah dan menceritakannya. Kepada yang tidak mengulangi shala, Rasulullah bersabda:” Engkau telah mengerjakannya sesuai sunnah”. Kepada yang lainnya, beliau bersabda:” Engkau mendapatkan pahala dua kali” (HR. Abu Dawud).

2.Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman

3. Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik.
4. Dapat hidup bersama antara umat beragamadan toleransi dalam bakti
5. Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali setiap bulan
6. Setia membayar iuran kepada Gugus Depan, dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari usahanya sendiri.
7. Dapat berbahasa indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.
8. Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan
9. Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali
10. Dapat menampilkan kesenian daerah didepan umum minimal satu kali.



11. Mengenal, mengerti dan memahami isi arti dasar dan ART gerakan pramuka
            a. Pengertian
1.      AD/ART merupakann kesat ketentuan dasar dan ketentuan operasional bagi suatu organisasi yang mencerminkan aspirasi, visi dan misi gerakan pramuka indonesia
2.      Pengikat persatuan dan kesatuan Geraka Pramuka dalam prinsip, idealisme, tingkah laku, baik organisatoris, sosial, maupun budaya
3.      Suluh dan landasan gerak organisasi Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya
4.      Landasan manajemen & pemberdayaan sumber daya Gerakan Pramuka
            b. fungsi
AD/ART merupakan landasan kerja dan landasan Gerak Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan misinya.
            LANDASAN HUKUM GERAKAN PRAMUKA
§  KEPRES No. 238 Tahun 1961 tentang gerakan pramuka, dengan pertimbangan:
1.      Anak-anak dan pemuda Indonesia perlu dididik untuk menjadi manusia dan warga negara indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur.
2.      Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut harus dilakukan dilingkungan anak-anak dan pemuda disamping lingkungan kel. Dan sek.
3.      Sesuai Tap MPRS No. I/MPRS/1960 tentang GBHN dan Tap MPRS No. II/MPRS/1960 tentang garis-garis besar pola pembangunan nasional semesta berencana Tahapan pertama’61-’69 mengenai pendidikan pada khususnya, perlu menetapkan suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan tunggal untuk diberi tugas melaksanakan pendidikan tersebut diatas.
SEJARAH SINGKAT AD/ART GERAKAN PRAMUKA
·         Keppres NO 12 tahun 1971
·         Keppres no 46 tahun 1984
·         Keppres No 57 Tahun 1988
·         Keppres No 34 Tahun 1999
·         Keppres No 104 Tahun 2004
POKOK-POKOK PENTING AD/ART GERAKAN PRAMUKA
·         Pembukaan memuat dasar filosofis dan historis ketentuan dalam AD GP.
·         Eksitensi: nama, status dan tempat
·         Asas, tujuan, tugas pokok dam fungsi
·         Sistem among, PDK, KH, MK, M dan kiasan dasar
·         Organisasi: anggota, jenjang organisasi, kepengurusan saka ,DK, lemdik, bimbiingan, pemeeiksaan keuangan
·         Musyawarah dan referendum
·         Pendapatan, kekayaan
·         Atribut GP: bendera, panji, himne dan pakaian seragam serta tanda-tanda
·         ART, pembubaran dan perubahan AD
TUJUAN GERAKAN PRAMUKA
Anggaran Dasar Gerakan Pramuka 2004 pasal 4 . . . . Dan dijabarkan dalam anggaran rumah tangga gerakan pramuka 2004 pasal 4 . . . . melalui kepramukaan :
1.      . . . . membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi . . .”
2.      . . . . membentuk sikap dan prilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara . . .”
ALASAN PENYEMPURNAAN AD GP
·         AD merupakan landasan kerja GP
·         GP dihadapkan pada lingkungan yang berubah serta tantangan baru
·         Perkembangan kepanduan di seluruh dunia
·         Perlu penyesuaian dengan UU No. 22 tahun 1999, UU No 25 tahun 1999 dan UU No 23 tahun 2002 serta UU Sisdiknas.
PERMASALAHAN
·         Penggolongan usia peserta didik
·         Keberadaan kelompok usia pandega-kaderisasi
·         Otonomi daerah
·         Pembinaan Gudep Berpangkalan di sekolah/kampus dan gudep wilayah serta tersedianya pembina yang berkualitas
·         Sistem among
·         Pengembangan saka pramuka
HARAPAN
·         Dengan organisasi yang lincah didukung SDM berkualitas yang menjalankan tugas sesuai prinsi dan metode kepramukaan, GP hadir dan siap untuk mendidik kader-kader pembangunan yang terampil serta memiliki watak dan kepribadian mulia.


PENYEMPURNAAN BERDASARKAN KEPUTUSAN MUNAS 2003
·         Alinea 3 pembukaan, menyesuaikan dengan paradigma baru yang menyertakan kaum muda
·         Alinea 5 pembukaan , SISTEM AMONG tidak hanya ditempatkan sebagai bagian dari metode kepramukaan karena ia merupakan sisdiknas.
KETENTUAN YANG DISEMPURNAKAN
·         PASAL  4 AD, penegasan formulasi  tujuan dengan menambahkan . ..  guna mengembangkan dstnya. . .
·         PASAL 5 AD, ditambahkan rumusannya sehingga menjadi  . . .  serta membangun dunia yang lebih baik.
·         PASAL 8 AD, selain mengatur upaya ditambahkan juga usaha yang dilakukan GP.
·         PASAL 9, sistem among
·         PASAL 16, Pandega masuk dalam kualifikasi anggota dewasa muda
·         Pasal 18, (a) anggota muda dan anggota dewasa . . .
·         Pasal 20, (5) Pergantian pengurus .. . .  terdiri dari unsur pengurus lama dan pengurus baru
·         Pasal 21, SAKA tambah 1 ayat
·         Pasal 22, Dewan kerja
·         Pasal 24, bimbingan ayat (4) . . . . mabiran yang diketuai oleh Camat/Kepala distrik
·         Pasal 25, BPK ayat (3) ada 2 butir
·         Pasal 26 Musywarah ayat (1) butir c tentang acara pokok munas
LIMA UNSUR TERPADU DALAM KEPRAMUKAAN
1.      Prinsip dasar kepramukaan
2.      Metode kepramukaan
3.      Kode kehormatan pramuka
4.      Motto gerakan pramuka
5.      Kiasan dasar kepramukaan
PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN DAN METODE KEPRAMUKAAN
1.      Prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan merupakan ciri khas yang membedakan kepramukaan dari pendidikan lain.
2.      Prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan merupakan dua unsur proses pendidikan terpadu yang harus diterapkan dalam setiap kegiatan.
3.      Prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan dilaksanakan sesuai dengan kepentingan, kebutuhan , situasi dan kondisi masyarakat.
(AD Gerakan pramuka 2004 pasal 10)


PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN
PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN adalah :
1.      Iman dan takwa kepada tuhan yang maha esa
2.      Peduli terhadap bangsa ddan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya,
3.      Peduli terhadap diri pribadinya,
4.      Taat kode kehormatan pramuka
PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN BERFUNGSI:
1.      Norma hidup seorang anggota gerakan pramuka
2.      Landasan kode etik gerakan pramuka
3.      Landasan sistem nilai gerakan pramuka
4.      Pedoman dan arah pembinaan kaum muda
5.      Landasan gerak dan kegiatan pramuka mencapai sasaran dan tujuannya
(AD gerakan pramuka 2004 pasap 11 )
METODE KEPRAMUKAAN
Merupakan cara belajar interaktif progresif melalui :
1.      Pengalaman kode kehormatan pramuka
2.      Belajar sambil melakukan
3.      Sistem berkelompok
4.      Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuia dengan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik
5.      Kegiatan di alam terbuka
6.      Sistem tanda kecakapan
7.      Sistem satuan terpisah untuk putra dan putri
8.      Kiasan dasar
(AD gerakan pramuka 2004 pasal 12)
MOTTO KERAKAN PRAMUKA
1.      Merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggota gerakan pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untuk mengamalkan kode kehormatan pramuka
2.      Motto gerakan pramuka :”SATYAKU KUDARMAKAN, DARMAKU KIBAKTIKAN”
3.      Merupakan motto tetap dan tunggal bagi gerakan pramuka, sebagai bagian terpadu proses pendidikan, disosialisakan baik di dalam maupun diluar garakan pramuka.


12.  Dapat menjelaskan sejarah kepramukaan indonesia dan dunia
o   Sejarah kepramukaan sedunia
Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya laki-laku dengan nama Boys Scout.
Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri beliau.
Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan  buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara dihutan oleh induk serigala.
Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success ( mengembara menuju bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai bapak pandu sedunia (Chief Scout of The World).
            Tahun 1924 Jambore II    di Eemelunden, Copenhagen, Denmark
            tahun 1929 Jambore III di Arrow park, Birkenhead, Inggris
            Tahun 1933 Jambore iv di Godollo, Budapest, Hongaria
            Tahun 1937 Jambore v di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda
            Tahun 1947 Jambore VI di Moisson, perancis
            Tahun 1951 JAMBORE VII di salz kamergut , austria
            Tahun 1955 Jambore VIII di sutton Park , sutton coldfild, Inggris
            Tahun 1969 Jambore IX di makiling, Filiphina
            Tahun 1963 Jambore X di Marathon, yunani
            Tahun 1967 Jambore XI di idaho, Amerika Serikat
            Tahun 1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang
            Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia
            Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan
            Tahun 1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada
            Tahun 1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia
            Tahun 1991 Jambore XVII di Korea Selatan
            Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda
            Tahun 1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selatan
            Tahun 2003 Jambore XX di Thailand
Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus pembina pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F> de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan pembina pramuka dengan nama Gilwell Park.
Tahun 1920 dibentuk dewan internasional dengan 9 orang anggota dan biro sekretariatnya di London, inggris dan tahun 1958 Biro kepramukaan sedunia dipindahkan dari londo ke Ottawa Kanada. Tanggal 1 mei 1968 Biro kepramukaan sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.
Sejak tahun 1920 sampai 19 kepada biro kepramukaan sedunia dipegang berturut-turut oleh Hebert Martin (inggris. Kolonel J.S Nilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 diganti oleh R.T Lund 1 mei 1968 diganti oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekjen.
Biro kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan sedunia putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.
o   Sejarah kepramukaan Indonesia
Kepramukaan di indonesia merupakan salah satu segi pendidikan nasional yang penting, yang merupakan bagian dari sejarah perjuangan bansa indonesia. Untuk itu perlu diketahui sejarah perkembangan kepramukaan di indonesia.
Sejarah singkat gerakan pramuka gagasan Boden Powell yang cemerlang dan menarik itu akhirnya menyebar keberbagai negara termasuk Netherland atau belanda dengan nama Padvinder. Oleh orang belanda gagasan itu di bawa ke indonesia dan didirikan organisasi oleh oran belanda di indonesia dengan nama NIPV (Netherland Indische Padvindes Vereeniging = persatuan pandu-pandu hindia belanda). Oleh pemimpin—pemimpin gerakan nasional dibentuk organisasi kepandua yang bertujuan membentuk manusia indonesia yang baik dan menjadi kader pergerakan nasional. Sehingga muncul bermacam-macam organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP ( Jong Java Padvindery), NATIPIJ (National Islamitche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon). Dengan adanya larangan pemerintah Hindia Belanda menggunakan istilah Padvindery maka K.H agus salim menggunakan nama panduan atau kepanduan. Dengan meningkatnya kesadaran Nasiona setelah sumpah pemuda, maka pada tahun 1930 organisasi kepanduan seperti IPO, PK ( padu kesultanan), PPS (pandu pemuda sumatra) bergabung menjadi KBI (kepanduan bangsa Indonesia)
Kemudian tahun 1931 terbentuklah PAPI (persatuan antara pandu Indonesia ) yang berubah menjadi BPPKI ( Badan pusat persaudaraan kepanduan Indonesia ). pada tahun 1938 pada waktu pendudukan jepang kepanduan di indonesia dilarng sehingga tokoh pandu banyak yang masuk keibodan, sinendan,dan PETA. Setelah tokoh proklamasi kemerdekaan dibentuk pandu rakyat Indonesia pada tanggal 28 desember 1945 disala sebagai satu-satunya organisasi kepanduan. Sekitar tahun 1961 kepanduan indonesia terpecah menjadi 100 organisasi kependuan yang terhimpun dalam 3 pederasi organisasi yaitu IPINDO ( Ikatan pandu indonesia) berdiri 13 september 1951 POPPINDO (persatuan pandu puteri indonesia) tahun 1954 dan PKIPI (persatuan kepanduan puteri indosia) menyadari kelemahan yang ada maka ketiga federasi melebur menjadi 1 dengan nama PERKINDO (persatuan kepanduan indonesia).
Karena masih adanya rasa golongan yang tinggi membuat PERKINDO masih lemah.
Kelemahan gerakan kepanduan indonesia akan dipergunakan oleh pihak komunitas agar menjadi gerakan Pioner muda seperti yang terdapat di negara komunis. Akan tetapi kekuatan pancasila dalam perkindo menentangnya dan dengan bantuan perdana menteri Ir. Juanda maka perjuangan menghasilkan Keppres No. 238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka yang pada tanggal 20 mei 1961 ditandatangani oleh pjs Presiden RI ir. Juanda karena presiden soekarno sedang berkunjung ke Jepang. Di dalam kepres ini gerakan pramuka oleh pemerintah ditetapkan sebagai satu-satunya badan diwilayah Indonesia yang diperkenankan menyelenggarakan pendidikan kepramukaan, sehingga organisasi lainnya menyerupai dan sama sifatnya dengan gerakan pramuka dilarang keberadaannya.
13. dapat menggunakan jam , kompas ,tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan












14. dapat menjelaskan bentuk pengalaman pancasila dalam kehidupan sehari-hari
a. pengertian
Istilah pancasila yang pertama kali dapat kita temukan sejak zaman Majapahit di Bawah Raja Hayam Wuruk dan Patih Gaja Mada abad XIV. Terdapat dalam buku “ Negara Kertagama” Karya Empu Prapanca.
Arti kata pancasila adalah lima dasar/asas.
Urutan pancasila yang sah dan dipakai sekarang dasar hukumnya adalah Inpres No. 12/ 1968
b. fungsi dan peranan pancasila
Pancasila diungkapkan dari dan merupakan pencerminan nilai-nilai luhur kepribadian bangsa Indonesia, menjadi jiwa dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
Secar hakiki fungsi pancasila mempunyai 2 pengertian yakni :
a. Pancasila sebagai pandanga hidup bangsa indonesia (Way of life)|
b. Pancasila sebagai dasar negara republik indonesia (dasar fisafat negara)
Pancasila sebagai pegangan hidup, yang merupakan pandangan hidup bangsa, penjelmaan filsafat hidup bangsa dalam pelaksanaan hidup sehari-hari tidak boleh bertentangan dengan norma-norma agama, kesusilaan, sopan santun dan hukum yang berlaku, peranan pancasila dalam tata kehidupan bangsa indonesia adalah :
a. Sebagai jiwa bangsa Indonesia
b. Sebagai kepribadian bangsa indonesia
c. Sebagai pandangan hidup bangsa indonesia
d. Sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi negara Republik Indonesia
e. Sebagai dasar negara republik indonesia
f. Sebagai perjanjian luhur bangsa indonesia
g. Sebagai cita-cita dan tujuan bangsa indonesia
h. Sebagai palsafa hidup yang mempersatukan bangsa indonesia
3. Hakekat pengertian pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya : pancasila merupakan suatu kesatuan yang utuh memiliki ciri-ciri dan bersifat :
a. Sistematis (runtun, tidak boleh ditukar balikkan urut-urutannya.
b. Kesatuan totalitas yang organis (utuh, menunggal, dan senyawa) sila yang satu tidak dapat  dipisahkan hubungannya dengan sila-sila yang lainnya.
c. Hirarchis piramidal (bertingkat jenjang),sila pertama merupakan dasar/basis dan menjiwai sila yang kedua, sila kedua dijiwai oleh sila pertama dan mendasari serta menjiwai sila ketiga, dan seterusnya.



Ketuhanan yang maha esa, mengandung pengertian dan keyakinan adanya Tuhan yang maha Esa tetapi tidak berarti bahwa Indonesia negara berdasarkan satu agama yang bukan juga negara sekuler. Di Indonesia tidak boleh ada paham yang meniadakan  Tuhan Yang Maha Esa (atheisme) dan yang harus ada adalah Tuhan Yang Maha Esa dengan toleransi terhadap kebebasan untuk memeluk agama sesuai dengan keyakinannya dan beribadah menurut agama dan kepercayaanya.
Nilai yang terkandung dalam Ketuhanan Yang Maha Esa :
Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (nilai keagamaan) dan ketakwaan.
Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab mengandung pengertian kesadaran sikap dan perbuatan manusia yang didasarkan kepada potensi budi nurani manusia dalam hubungannya norma-norma  kebudayaan yang baik terhadap diri pribadi, sesama manusia maupun hewan (sikap dan perbuatan manusia sesuai dengan kodrat hakekat manusia yang berbudi, sadar nilai dan berbudaya).
Nilai yang terkandung dalam sila kedua ialah “ Nilai kemanusiaan” :
a.       Pengakuan terhadap adanya martabat manusia
b.      Perlakuan yang adil terhadap manusia
c.       Pengertian manusia yang beradab yang memiliki daya cipta rasa, karya dan keyakinan, sehingga dapat dibedakan dengan hewan.
Persatuan Indonesia mengandung pengertian bangsa yang mendiami wilayah Indonesia yang bersatu karena didorong untuk mencapai kehidupan kebangsaan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat. Yang bertujuan memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa serta ikut mewujudkan perdamaian dunia yang abadi.
Nilai yang terkandung dalam sila ketiga adalah “ Persatuan bangsa” yaitu :
a. Persatuan indonesia adalah persatuan wilayah yang mendiami wilayah indonesia.
b. bangsa indonesia adalah persatuan suku-suku bangsa yang mendiami wilayah indonesia
c. Pengakuan terhadap ke bhinekatunggalika-an suku suku bangsa (etnis) dan kebudayaan bangsa yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan bangsa.
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawarata/ perwakilan mengandung pengertian bahwa rakyat dalam menjelaskan kekuasaanya melalui sistem perwakilan dan keputusan-keputusannya diambil dengan jalan musyawarah yang dipimpin oleh pikiran yang sehat serta penuh tanggung jawab, baik kepada Tuhan YME maupun kepada rakyat yang diwakilinya.
Nilai yang terkandung dalam sila keempat : adalah “ kerakyatan” yaitu :
a.       kedaulatan negara yang ada ditangan rakyat.
b.      Pimpinan kerakyatan adalah hikmat kebijasanaan yang dilandasi akal sehat.
c.       Manusia indonesia sebagai warga negara dan warga masyarakat Indonesia mempunyai kedudukan,hak dan kewajiban yang sama
d.      Musyawarah untuk mufakat dicapai dalam permusyawaratan wakil wakil rakyat.
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung pengertian bahwa setiap orang Indonesia mendapat perlakuan yang adil dalam bidang hukum, politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan ( mencakup adil dan makmur).
Nilai yang terkandung dalam sila ke lima adalah “ keadilan sosial”, yaitu :
a.       Perwujudan keadlian sosial dalam kehidupan sosial atau kemasyarakatan meliputi seluruh rakyat indonesia
b.       Keadilan dalam kehidupan sosial terutama meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi sosial, kebudayaan dan pertahanan keamanan nasional
c.       Cita-cita masyarakat adil dan makmur, materil, dan spiritual yang merata bagi seluruh rakyat indonesia
d.      Keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan menghormati hak orang lain
e.       Cinta akan kemajuan dan pembangunan
15. Dapat  menjelaskan tentang organisasi ASEAN dan PBB.
ASEAN adalah singkatan dari “Association Of South East Asia Nation” yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 yang bertempat di Bangkok. Di indonesia, ASEAN juga disebut ja disebut dengan PERBARA atau “Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara”. ASEAN di perakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah asia tenggara yaitu : Indonesia, Thailand, Filipina, Singapore dan Malaysia.
1.      Perwakilan Indonesia  : Adam Malik
2.      Perwakilan Malaysia   : Tun Abdul Razak
3.      Perwakilan Thailand   : Thanat Koman
4.      Perwakilan Filipina     : Narsisco Ramos
5.      Perwakilan Singapura : S. Rajaratman
Kemudian disusun oleh beberapa negara di kawasan Asia Tenggara, hingga pada akhir tahun 1998 terbentuk 10 negara yang terdaftar menjadi anggota ASEAN. Negara-negara tersebut adalah :
1.      Brunei Darussalam pada tanggal 7 Januari 1984
2.      Vitnam pada tanggal 28 juli 1995
3.      Myanmar pada tanggal 23 juli 1997
4.      Laos pada tanggal 23 juli 1997
5.      Kamboja pada tanggal 16 Desember 1998
Pada awal-awal tahun 2013 kini, Timor Leste resmi menjadi anggota ASEAN. Untuk menentukan negara tersebut diterima, harus melalui persetujuan seluruh anggota ASEAN yang berjumlah 10 negara. Menurut Direktur Pemasaran Pariwisata
Kementrian Pariwisata Timor Leste Aquilino Santos Caeiro, “ pembenahan di negaranya bukan dilakukan sejak resmi mengajukan diri menjadi anggota ASEAN, melainkan sudah dilakukan 10 tahun terakhir. Seperti pembenahan infrakstruktur, sumber daya manusia, dan kriteria lainny”. Dan sampai akhirnya Timor Leste resmi menjadi anggota ”ASEAN”.
Logo ASEAN
Membawa arti ASEAN yang stabil, aman,bersatu dan dinamik. Warna logo ada 4 yaitu biru, merah, putih, dan kunig. Warna tersebut merupakan warna utama lambang negara-negara ASEAN. Warna biru melambangkan keamanan dan kestabilan. Merah bermaksud semangat dan dinamisme sedangkan putih menunjukkan ketulenan dan kuning melambangkan kemakmuran. Sepuluh tangkai padi melambangkan cita-cita pelopor pembentuk ASEAN di Asia Tenggara, yaitu bersatu dan bersahabat. Bulatan melambangkan kesatuan ASEAN.
Tujuan ASEAN
1.      Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, serta pengembangan kebudayaan dikawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkukuh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.
2.      Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum didalam hubungan antara negar-negara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip piagam perserikatan bangsa-bangsa.
3.      Meningkatkan kerjasama yang aktif serta saling membantu antara satu dan yang lain didalam memecahkan masalah-masalah kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
4.      Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian dalam bidang-bidang pendidikan, propesional, teknik dan administrasi.
5.      Bekerja sama dengan lebih efektif dalam meningkatkan penggunaan pertanian serta industri, perluasan perdagangan komoditi internasional , perbaikan sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi serta peningkatan taraf hidup rakyat-rakyat mereka.
6.      Meningkatkan studi-studi tentang Asia Tenggara
Memelihara kerjasama yang erat dan berguna dengan organisasi-organisasi internasional dan regional yang ada dan bertujuan serupa, dan untuk menjajaki segala kemungkinan untuk saling bekerjasama secara lebih erat satu dengan yang lain.
Sejarah PBB
PBB ”Perserikatan bangsa-bangsa” adalah nama lain dari UN” United Nation”. PBB adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan hampir seluruh negara-negara didunia. PBB dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.
PBB didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah konferensi Dumbarton Oaks di Wangshinton, DC. Namun sidang umum pertama hanya di hadiri oleh wakil dari 51 negara di seluruh dunia yang berlangsung pada tanggal 10 Januari 1946 di Church House, London.
Dari tahun 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang hampir mirip dengan PBB. Organisasi tersebut bernama Liga Bangsa-Bangsa yang bisa disebut sebagai pendahulu PBB.
Sejak didirikannya PBB di San Francisco pada tanggal 28 Oktober 1945, sedikitnya terdapat 192 negara yang terdafdar dalam organisasi ini. Semua negara yang tergabung dalam PBB, menyatakan independensinya masing-masing. Sekertaris jenderal PBB saat ini adalah Ban Ki-moonasal dari Korea Selatan yang menjabat sejak tanggal 1 Januari 2007.
Bendera PBB
Bendera Perserikatan Bangsa-bangsa pertama kali digunakan pada tanggal 20 oktober 1947. Bendera PBB memuat lambang PBB berwarna Putih dengan latar belakang berwarna biru. Lambang PBB terdiri dari proyek  peta dunia yang berpusat dikutub utara yang diapit oleh Ranting Zaitun. Ang melambangkan semua masyarakat dunia.
sebuah bendera yang mirip pertama kali dipersentasikan dalam bentuk yang sedikit berbeda dari bentuk yang sekarang pada konferensi di San Francisco, April 1945 yang berbeda dalam penggambaran bumi. Bendera tersebut kemudian disebarkan pada setiap delegasi dan media. Tahun 1946, sebuah komite UNO ( United Nations Organization) nama awal untuk PBB diberi tugas untuk membuat rancangan tetap yang dipresentasikan pada 2 desember 1946 dan kemudian diterima oleh sidang UNO pada tanggal 7 Desember 1946. Peta dunia versi terdahulu terputar 90 derajat ke arah timur dibandingkan dengan versi sekarang. Perubahan tersebut, menurut konferensi pers yaitu untuk memindahkan Amerika Utara dari pusat lambang.
Putih dan Biru adalah warna-warna resmi dari PBB.
Asas PBB
Asas perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai beriku.
1.      Persamaan derajat dan kedaulatan semua negara anggota.
2.      Persamaan dan kewajiban semua negara anggota
3.      Penyelesaian sengketa dengan cara damai
4.      Setiap anggota akan memberikan bantuan kepada PBB sesuai ketentuan piagam PBB.
5.      PBB tidak boleh mencampuri urusan dalam negeri negara anggota.
Tujuan PBB
Tujuan perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai berikut.
1.      Memelihara perdamaian dan keamanan dunia
2.      Mengembangkan hubungan persahabatan antar bangsa berdasarkan asas-asas persamaan derajat, hak menentukan nasib sendiri, dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
3.      Mengembangkan kerja sama internasional dalam memecahkan masalah-masalah ekonomi, sosial, budaya, dan kemanusiaan.
4.      Menyelesaikan perselisihan dengan cara damai dan mencegah timbulnya peperangan.
5.      Memajukan dan menghargai hak asasi manusia serta kebebasan atau kemerdekaan fundamental tanpa membedakan warna, kulit, jenis kelamin, bahasa dan agama.
6.      Menjadikan pusat kegiatan bangsa-bangsa dalam mencapai kerja sama yang harmonis untuk mencapai tujuan PBB.
16. Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan
A. pengertian Kewirausahaan.
Secara harfiah kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ked an akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis.
Dalam bahasa Inggris wirausaha adalah enterpenuer, istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh Richard Cantilon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entepreneur adalah “agent who buys means of production at certain prices in order to combine them”. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ekonom prancis lainnya – Jean Baptista Say menambahkan definisi Cantillon dengan konsep enterpreneur sebagai pemimpin. Secara umum banyak sekali definisi yang dikemukakan oleh para ahli, mengenai kewirausahaan, dibawah ini akan saya kemukakan beberapa pendapat tersebut yang diambil dari berbagai sumber :
Harvey Leibenstein (1968,1979) mengemukakan, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sebelumnya.
Penrose (1963) : Kegiatan kewirausahaan mencakup identifikasi peluang-peluan di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbeda dengan kapasitas kewirausahaan.
Frank knight (1921) : Wirausaha mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekan pada peranan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang wirausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.
B. tujuan kewirausahaan
Seorang sosiolog bernama David McCleland mengemukakan bahwa, apabila sebuah negara ingin menjadi makmur, minimal sejumlah 2% dari presentase keseluruhan penduduk di negara tersebut menjadi wirausahawan, Indonesia sendiri sampai saat ini menurut sebuah riset jumlah penduduk yang menjadi wirausaha baru sekitar 0,18%, menurut informasi yang saya baca  di internet hari ini tanggal 5 maret 2012 jumlahnya talah melonjak tajam menjadi maka tidaklah mengherankan apabila saat ini kondisi perekonomian Indonesia teringgal jauh dari negara tetangga yaitu singapura yang memiliki presentase wirausaha sebesar 7% Malaysia 5%, China 10%, apalagi jika harus dibandingkan dengan negara adidaya Amerika Serikat yang hampir 13% penduduknya menjadi wirausahawan.
Maka dari itu, dengan ditumbuh kembangkannya pengetahuan seputar kewiraysahaan, akan membangkitkan semangat masyarakat Indonesia khususnya generasi muda atau mahasiswa, untuk ikut menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha, tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeking). Dengan dilandasi semangat nasionalisme bahwa bangsa indonesia harus mampu bersaing dikancah percaturan perekonomian dunia. Maka akan banyak mahasiswa yang termotivasi untukmeningkatkan kualitas dirinya dan mencetuskan ide-ide kreatif dalam bidang kewirausahaan yang berdaya saing tinggi.
Mengapa dengan semakin banyak wirausahawan disuatu negara akan meningkatkan daya saing negara tersebut ?, jawabannya saya jira cukup jelas. Pertama sebuah negara yang memiliki wirausahawan banyak tentunya akan mendapatkan penghasilan yang besar dari sektor pajak, atas kegiatan ekonomi yang mereka lakukan, coba bayangkan apabila suatu negara terlalu banyak pegawai negeri sipil yang kurang atau bahkan tidak produktif, maka mereka setiap bulan memakan anggaran negara untuk menggaji mereka, namun sumbangsih mereka pada perekonomian nasional sangat minim baik dari segi pajak maupun tingkat komsumsi.
Mari kita lihat contoh lainnya, dengan semakin banyak penduduk menjadi wirausaha, maka ekonomi mereka akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomimereka akan mandiri, tidak akan bergantung pada sistem ekonomi kapitalis, dalam hal ini pemerintah harus pro aktif menyediakan modal bagi para pengusaha agar benar-benar produktif dengan bunga yang  kompetetif, dan tidak menghancurkan pengusaha maupun pemerintah, hasil keuntungan usaha mereka akan disimpan di bank-bank dalam negeri, sehingga perputaran uang semakin lancar, dengan hal tersebut modal mereka akan bertambah sehingga mampu menembus pasar-pasar global, yang  nantinya menaikkan neraca ekspor-impor dan akan menambah devisa negara secara signifikan, maka dengan hal tersebut sangatlah jelas, bahwa kewirausahaan memiliki peran yang sangat penting untuk menaikkan harkat martabat suatu bangsa dikancah internasional.
Selanjutnya di tinjau dari segi GNP (Gross National Product), apabila semakin banyak uang yang dihasilkan oleh putra-putri bangsa Indonesia, karena berwirausaha maka uang yang dihasilkan berpeluang semakin besar, berbeda dengan gaji yang nominalnya relatif tetap. Akan meningkatkan GNP yaitu keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi warga negara penduduk tersebut dimanapunberada (di dalam dan luar negeri) , dengan meningkatkan GNP ini akan semakin memperkuat ekonomi nasional secara makro, dan mempercepat roda pembangunan nasional karena ketersediaan anggaran semakin meningkat.
Dari beberapa dampak positif kewirausahaan maka dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan  bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara umum meningkatkan harkat dan martabat pribadi wirausahawan serta bangsa dan negara, dengan pengetahuan tersebut diharapkan akan semakin banyak warga negara Indonesia khususnya mahasiswa yang terjun dalam dunia usaha, namun perlu diperhatikandalam berusaha harus mengedepankan kejujuran, sehingga apa yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.
C. Teori Kewirausahaan
Seiring berjalannya waktu, kewirausahaan semakin berkembang, maka lahirlah berbagai macam teori tentang kewirausahaan, akan saya coba uraikan berbagai teori kewirausahaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Neo Klasik
teori ini memandang perusahaan sebagai sebuah istilah teknologis, dimana manejemen (individu-individu) hanya mengetahui biaya dan penerima perusahaan dan sekedar melakukan kalkulasi matematis untuk menetukan nilai-nilai optimal dari variabel keputusan. Jadi pendekatan neoklasik tidak cukup mampu untuk menjelaskan isu mengenai kewirausahaan. Dalam teori ini kemandirian sangat tidak terlihat, wajar saja, karena ini memang pada masa lampau dimana belum begitu urgen masalah kemandirian, namun cukup bisa menjadi tori awal untuk melahirkan teori-teori berikutnya.
2.      Kirzerian Entrepreneur
Dalam teori kirzer menyoroti tentang kinerja manusia, keuletannya , keseriusannya kesungguhannya, untuk swa(mandiri), dalam berusaha, sehingga maju mundurnya suatu usaha tergantung pada upaya dan keuletan sang pengusaha.
Dari berbagai disiplin ilmu, lahirlah teori kewirausahaan yang dipandang dari sudut pandang mereka masing-masing. Teori ekonomi memandang bahwa lahirnya wirausaha disebabkan karena adanya peluang, dan ketidakpastian masa depanlah yang akan melahirkan peluang untuk dimaksimalkan, hal ini berkaitan dengan keberanian mengambil peluang, berspekulasi, menata organisasi, dan melahirkan berbagai macam inovasi. Teori sosiologi lebih mempelajari tentang asal-usul budaya dan nilai-nilai sosial masyarakat, yang akan berdampak pada kemampuannya menanggapi peluang usaha dan mengelola usaha, sebagai contoh orang etnis cina dan padang dikenal sebagai orang yang ulet mengusaha, maka fakta dilapangan menunjukkan, bahwa banyak sekali orang cina dan padang yang meraih kesuksesan dalam berwirausaha. Selanjutnya teori psikologi menurut saya teori ini lebih menekankan pada motif individu yang melatarbelakangi dirinya untuk berwirausaha, apabila sejak kecil ditanamkan untuk berprestasi,maka lebih besar kemungkinan seorang individu lebih berani dalam menganggapi peluang usaha yang diperolehnya.
Yang terakhir adalah teori perilaku, bagaimana seorang wirausahawan harus memiliki kecakapan dalam mengorganisasikan suatu usaha, memaneje keuangan dan hal-hal terkait, membangun jaringan, dan memasarkan produk, dibutuhkan pribadi yang supel dan pandai bergaul untuk memajukan suatu usaha.



17. Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat

18. dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari

19.  Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renag gaya bebas dan menguasai 1 (satu) olahraga tim

20. Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan.
Saat seorang anak memasuki masa remaja atau masa puberitas, terjadi perkembangan pada fisik dan memiliki kemampuan untuk berproduksi. Pada masa puberitas hormon seorang menjadi aktif dalam memproduksi 2 jeenis hormon yaitu :
1.      FSH (Follicle Stimulating Hormone)
2.      LH ( Luteinzing Hormone )
Pada anak perempuan, kedua hormon tersebut akan merangsang pertumbuhan ekstrogen dan progesteron yang merupakan 2 jenis hormon kewanitaan. Sedangkan pada anak laki-laki, LH akan merangsang pertumbuhan testisteron.
Berikut ini adalah perbedaan fisik/biologis antara perempuan dan laki-laki.
Perempuan
Laki-laki
Tubuh perempuan lebih menonjolkan garis-garis melingkar, bulat dan sering dianggap sebagai lambing kasih sayang, kelembutan dan perasaan aman
Tubuh laki-laki menonjolkan garis-garis lurus dan tegak yang dianggap melambangkan keperkasaan dan
kekuasaan
Suara kecil dan ringan, leher rata
Suara besar dan ada jakun pada leher
Bahu relatif kecil dan melengkung
Bahu lebar (berbentu kotak)
Dada membesar kedepan
Dada lapang
Pinggang kecil tapi tulang pinggung lebih besar dan membulat
Pinggul lebih kecil dari pada bahu
Paha pinggang kecil tapi tulang pinggul lebih besar dan membulat besardan kaki meruncing kebawah
Kaki tegak lurus dan sering terlihat otot-ototnya.
Lengan dan tangan relatif lembut dan lemas
Lengan dan tangan relatif keras dan berotot
Rambut dimuka relatif tidak mudah tumbuh
Bulu rambut lebih gampang tumbuh dimuka seperti kumis, cambang dan jenggot
Alat kelamin tersembunyi didalam rongga tubuh
Alat kelamin berada diluar rongga tubuh



21. Dapat memimpin baris berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan baris-berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri atas gerakan ditempat.
a. Pengertian
Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.
b. Maksud dan tujuan
1)      Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.
2)      Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna.
3)      Yang dimaksud rasa persatuan adalah adanya rasa senasib sepenaggungan serta ikatan yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.
4)      Yang dimaksud rasa disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi yang pada hakikatnya tidak lain dari pada keikhlasan penyisihan pilihan hati sendiri.
5)      Yang dimaksud rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya sendiri, tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan-tindakan yang akan dapat merugikan.
1.      Aba-aba
a.       Pengertian
Aba-aba adalah suatu perintah yang diberikan oleh seseorang pemimpin kepada yang dipimpin untuk dilaksanakannya pada waktu secara serentak dan berturut-turut.
b.      Macam aba-aba
Ada tiga macam aba-aba yaitu:
1)      Aba-aba petunjuk
2)      Aba-aba peringatan
3)      Aba-aba pelaksanaan
1.      Aba-aba petunjuk dipergunakan hanya jika perlu untuk menegaskan maksud daripada aba-aba peringatan/pelaksanaan.
Contoh :
a)      Kepada pemimpin Upacara-Hormat-GERAK
b)      Untuk amanat-istirahat-di tempat-GERAK
2.      Aba-aba peringatan adalah inti perintah yang cukup jelas, untuk dapat dilaksanakan tanpa ragu-ragu.
Contoh :
a)      Lencang kanan – GERAK ( bukan lancang kanan)
b)      Istirahat ditempat – GERAK (bukan ditempat gerak)
3.      Aba-aba pelaksanaan adalah ketegasan mengenai saat untuk melaksanakan aba-aba pelaksanaan yang dipakai ialah:
a)      GERAK
b)      JALAN
c)      MULAI

a.       GERAK adalah untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan tanpa meninggalkan tempat dan gerakan-gerakan yang memakai anggota tubuh lain.
Contoh :
            -jalan ditempat            -GERAK
            -siap                             -GERAK
            -hadap kanan               -GERAK
            -lencang kanan            -GERAK
b.      JALAN adalah untuk gerakan-gerakan kaki yang dilakukan dengan meninggalkan tempat.
Contoh :
-haluan kana/kiri                                  -JALAN
-dua langkah kedepan                         -JALAN
-satu langkah kebelakang                    -JALAN
catatan:
Apabila gerakan meninggalkan tempat itu tidak dibatasi jaraknya, maka aba-aba harus didahului dengan aba-aba peringatan – MAJU
            contoh:
            -maju                                                   -JALAN
            -haluan kanan/kiri                                -JALAN
            -melintang kanan/kiri maju                  -JALAN
Tentang istilah: “maju”
·         Pada dasarnya digunakan sebagai aba-aba peringatan terhadap pasukan dalam keadaan berhenti.

·         Pasukan yang sedang bergerak maju, bila mana harus berhenti dapat diberikan aba-aba HENTI.

Misalnya :

·         Ada aba-aba hadap kanan/kiri maju – JALAN karena dapat pula diberikan aba-aba : hadap kanan/kiri henti GERAK

·         Ada aba-aba hadap kanan/kiri maju – JALAN karena dapat pula diberikan aba-aba : hadap kanan/kiri henti GERAK

·         Balik kanan maju/JALAN, karena dapat pula diberikan aba-aba : balik kanan henti-GERAK.



Tidak dapat diberikan aba-aba langkah tegap maju JALAN, aba-aba belok kanan/kiri maju –JALAN terhadap pasukan yang sedang berjalan dengan langkah biasa, karena tidak dapat diberikan aba-aba langkah henti-GERAK, belok kanan/kiri-GERAK.
Tentang aba-aba “henti”
            Pada dasarnya aba-aba peringatan henti digunakan untuk menghentikan pasukan yang sedang bergerak, namun tidak selamanya aba-aba peringatan henti ini harus diucapkan.
Contoh :
            Empat lankah kedepan –JALAN , bukan barisan-jalan. Setelah selesai pelaksanaan dari maksud aba-aba peringatan, pasukan wajib berhenti tanpa aba-aba berhenti.
c.       MULAI : adalah untuk dipakai pada pelaksanaan perintah yang harus dikerjakan berturut-turut.
Contoh :
-hitung                                     -MULAI
-tiga bersaf kumpul                 -MULAI
4. Cara memberi aba-aba
a)      Waktu memberi aba-aba, pemberi aba-aba harus berdiri dalam sikap sempurna dan menghadap pasukan, terkecuali dalam keadaan yang tidak mengijinkan untuk melakukan itu.

b)      Apabila aba-aba itu berlaku juga untuk si pemberi aba-aba, maka pemberi aba-aba terkait pada tempat yang telah ditentukan untuknya dan tidak menghadap pasukan.

Contoh : kepada pembina upacara-hormat-GERAK

      Pelaksanaanya:

·         Pada waktu memberikan aba-aba mengahadap kearah yang diberi hormat sambil melakukan gerakan penghormatan berasama-sama dengan pasukan

·         Setelah penghormatan selesai dijawab/dibalas oleh yang menerima penghormatan, maka dalam keadaan sikap sedang memberi hormat si pemberi aba-aba memberikan aba-aba tegak : GERAK dan  kembali kesikap sempurna.

c)      Pada taraf permulaan aba-aba yang ditunjukkan kepada pasukan yang sedang berjalan/berlari, aba-aba pelaksanaan gerakannya ditambah 1 ( satu ) langkah pada waktu berjalan,pada waktu berlari ditambah 3 ( tiga ) langkah.
·         Pada taraf lanjutan, aba-aba pelaksanaan dijatuhkan pada kaki kanan ditambah 2 ( dua ) langkah untuk berjalan / 4 ( empat ) langkah untuk berlari
d)     Aba-aba diucapkan dengan suara nyaring-tegas dan bersemangat.
e)      Aba-aba petunjuk dan peringatan pada waktu pengucapan hendaknya diberi antara.
f)       Aba-aba pelaksanaan pada waktu pengucapan hendaknya dihentakkan
g)      Antara aba-aba peringatan dan pelaksanaan hendaknya diperpanjang disesuaikan dengan besar kecilnya pasukan.
h)      Bila pada suatu bagian aba-aba diperlukan pembetulan maka dilakukan perintah ULANG!
Contoh : Lencang kanan = Ulangi – siap GERAK
22. Dapat Menyebutkan beberapa penyakit infeksi,degenerative, dan penyakit yang 
      disebabkan perilaku tidak sehat.
PENYAKIT  INFEKSI
Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit.
Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain.Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.
Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup ( organism ).
Kuman-kuman ini menyebar dengan  berbagai cara dan vector.
A.Contoh – contoh penyakit infeksi :
            1. Penyebab penyakit adalah bakteri ( jasad renik dan kuman )
                        TBC         : ditularkan melalui udara
                        Tetanus    : melalui luka yang kotor
                        Mencret   : lewat batuk udara
                        Pneumonia : lewat batuk ( udara )
                        Gonorrhea dan sifilis : hubungan kelamin
                        Sakit telinga  : dengan selesma ( masuk angin dan pilek )
2.Penyebab penyakit adalah virus ( kuman yang lebih kecil daripada bakteri )
            a. Selesma, influenza, campak, gondok:ditularkan melalui udara, batuk
                ataupun lalat.
            b.Rabies : melalui gigitan binatang
            c.Penyakit kulit : melalui sentuhan
3. Jamur, Kurap, Kutu air, dan gatal pada lipatan paha :
    Ditularkan melalui sentuhan atau dari pakaian yang di pakai secara
    Bergantian.
4. Parasit internal ( hewan yang berbahaya yang hidup di dalam tubuh )
    a. Disentri  : ditularkan dari kotoran kemulut
    b. Malaria  : melalui gigitan nyamuk
5. Parasit eksternal ( hewan yang berbahaya yang hidup di permukaan tubuh )
    Kutu rambut, kutu hewan, kutu busuk berupa kudis :
    penularannya dari orang-orang yang telah terinfeksi atau melalui pakaian
            B.Pengobatan Infeksi dengan antibiotic
            Terkadang antibiotika merupakan obat yang mujarab dan penting untuk
            Mengatasi infeksi.Antibiotika yang sering digunakan dan ditemui di pasaran
            Adalah penicillin.tetracycillin streptomycin, dan chloramphenicol.
            Masing-masing antibiotika bekerja sama dengan cara berlainan terhadap
            sesuatu infeksi khusus.
            Akan tetapi, antibiotika juga memiliki efek samping dan perlu digunakan
            secara hati-hati. Dan perlu digunakan secara terbatas dengan memperhatikan
            hal-hal berikut.
1.      Reaksi dan efek peracunan
Antibiotika tidak hanya membunh bakteri, tetapi juga berbahaya bagi tubuh.Efek peracunanya maupun karena kemungkinan terjadi alergi sangat besar.Banyak orang meninggal dunia setiap tahunnya karena mereka menggunakan antibiotika yang sebetulnya tidak diperlukan bagi dirinya.
2.      Mengganggu keseimbangan alami
Tidak semua bakteri didalam tubuh bersifat membayakan.Sebagian diantaranya diperlukan tubuh agar dapat berfungsi secara wajar.
Antibiotik seringkali mematikan bakteri yang berguna bagi tubuh bersama-sama membantu mengendalikan pertumbuhan ikut terbunuh oleh antibiotika.
3.      Kekebalan terhadap pengobatan
Dalam jangka panjang, alasan yang paling penting mengapa penggunaan antibiotika harus dibatasi ialah khasiatnya berkurang jika anti biotika digunakan terlalu sering.Apabila bakteri diserang berkali-kali dengan antibiotika yang sama, bakteri tersebut menjadi lebih kuat dan menjadi imun.
            Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah anda terkena penyakit infeksi :
Ø  Sering mencuci tangan .
Mencuci tangan membantu menghilangkan kuman yang anda dapatkan dari binatang, tempat kotor, atau benda-benda terkontaminasi.
 Anda terutama sangat disarankan untuk mencuci tangan sebelum, selama dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi,dan setelah memegang binatang.
Ø  Rutin membersihkan dan mensterilkan lantai dan permukaan, terutama di dapur dan kamar mandi.
Sabun biasanya cukup membersihkan kedua tempat itu, tetapi akan lebih aman bila juga menggunakan desinfektan.
Ø  Jauhi penderita penyakit yang mudah menular melalui kontak
Misalnya flu,cacar air atau belekan.Bila anda tidak dapat mengihindarinya,
Berhati-hatilah agar tidak menyentuh wajah anda dengan tangan sebelum anda mencucinya.
Ø  Cegah perkembang biakan nyamuk deman berdarah dan nyamuk lainnya
Dengan gerakan 3M Plus ( Menguras,Menutup,Mengubur, dan menggunakan anti nyamuk ). Pastikan tidak ada yang menggenang di rumah, kuras kamar mandi secara teratur,tutup tempat-tempat yang berpotensi mengumpulkan air dan kubur botol, pot, tempayang dan benda-benda penampung air lainnya.
Ø  Masak dan sajikan makanan dengan aman.
Ketahuilah makanan mana yang harus selalu disimpan di kulkas. Jangan biarkan makanan yang mudah basi seperti susu segar, bakso, nugget ayam, dan lainnya di tempat terbuka lebih dari dua jam.
Tutuplah makanan dengan rapat agar tidak dihampiri lalat.
Cucilah buah-buahan dan sayuran mentah dengan bersih.Masakalah daging,ayam dan telur sampai betul-betul matang. Pastikan kita membelinya dari sumber yang terpercaya.Daging yang bersumber tidak jelas dapat membawa penyakit antaranya dan flu burung yang sangat berbahaya.
Ø  Dapatkan imunisasi
Pastikan bayi mendapatkan semua immunisasi yang dibutuhkan sesuai jadwal.Bila akan bepergian ke daerah yang rawan,dapatkan immunisasi yang tepat sebelum kita berangkat ke sana.
Jemaah haji wajib mendapatkan imunisasi meningitis sebelum berangkat.
Ø  Gunakan antibiotik dengan bijak.
Flu, deman berdarah, dan infeksi Virus lainnya tidak dapat diobati dengan antibiotik.Bakteri dapat menjadi resisten bila mendapatkan antibiotik pada saat kita tidak memerlukannya.
Ø  Jagalah kebersihan dan kesehatan hewan piaraan.
Berikan immunisasi yang memadai kepada mereka.
Pisahkan dengan tegas barang-barang yang dipakai anggota keluarga kita.
Bersihkan kotoran dan kandang mereka dengan teratur menggunakan sabun dan desifektan.
Ø  Hindari kontak dengan binatang liar yang mungkin membawa penyakit berbahaya.
Tikus dapat membawa penyakit  pes dan leptospirosis.
Burung dan ayam liar dapat membawa virus flu burung.
Kucing dan anjing liar dapat menularkan rabies.
Ø  Makanlah makanan yang kaya antioksidan dan multivitamin A,C dan E, tubuh akan memiliki system imun yang lebih baik dengan mengkonsumsinya.Bila system imun kita lemah,konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang dapat meningkatkannya.








PENYAKIT DEGENERATIF
Penyakit degeneratif adalah penyakit yang timbul akibat kemunduran fungsi sel .Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Sedikitnya ada 50 yang termasuk penyakit degeneratif diantaranya : diabetes mellitus,stroke,jantung koroner,kardiovaskular,obesitas,dislipidemia,hipertensi,penyakit jantung, asam urat dan sebagainya.
Penyakit degeneratif terjadi karena adanya prose penuaan,biasanya terjadi saat usia bertambah tua.Tetapi saat ini penyakit degeneratif dapat terjadi pada saat orang yang umurnya lebih muda. Terutama di Indonesia,penyakit degeratif saat ini banyak terjadi di kalangan muda dan di perkotaan.Penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup akibat urbanisasi dan modernisasi.Perubahan gaya hidup ini dapat dilihat secara jelas antara lain dengan munculny tempat-tempat makan “junk food” adalah makanan tidak sehat karena memiliki nilai nutrisi rendah.Jenis makanan ini mengandung lemak jenuh ( saturated fat ),
Garam dan gula  serta bermacam-macam additive seperti monosodium glutamatedan tartazine dengan kadar yang tinggi.Junk food hamper tidak  mengandung protein, vitamin serta serat  yang sangat dibutuhkan tubuh.Masih menurut WHO,hingga akhir tahun 2005 saja penyakit degeratif telah menyebabkan kematian hamper 17 juta orang diseluruh dunia.Jumlah ini menempatkan penyakit degeneratif menjadi penyakit pembunh manusia terbesar.
Berikut ini prilaku tidak sehat yang sering kita lakukan, serta cara mengatasinya
1.      Stress Berlebihan
Sejak dulu, kita tahu bahwa stress yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh seseorang dan memacu resiko penyakit jantung, serta membuat kita tidak nyaman. Stres yang berlebihan juga memacu penuaan diri .Ibu-ibu yang memiliki anak-anak dengan penyakit kronis merupakan orang-orang yang mengalami steres, dan mengalami penuaan dini yang paling ekstrim.
Cara cepat untuk mengurangi stress adalah dengan menarik nafas dalam-dalam yang disebut dengan pernafasan difragmatik.Untuk jangka panjangnya, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stress.
2.      Minum Alkohol
Bukan merupakan suatu kebetulan bila alcohol merupakan kabar buruk mengenai stres.Para wanita sebaiknya membatasi diri meminum minuman beralkohol. Berbagai gangguan kesehatan juga bias timbul dari kebiasaan minum alkohol yang berlebihan.Termasuk serangan jantung,kangker hati,kangker tenggorokan, dan kangker payudara.
3.      Kurang Bergerak
Dengan sedikit menggerakkan tubuh, kita dapat memperpanjang hidup serta mengurangi kelebihan berat,mengurangi stress, dan bahkan mencegah penyakit Alzheimer. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan berjanji pada diri sendri bahwa diri kita akan lebih aktif.Parkirlah mobil dari jauh pintu masuk, menggunakan tangga dan tidak menggunakan lift, melakukan olahraga/senam, jalan kaki selama 30 menit atau lebih banyak selam lima kali atau lebih dalam satu minggu.
4.      Mengkomsumsi Makanan Berlemak
Lemak yang dikomsumsi secara berlebihan dapat memacu kolesterol tinggi dan merangsang penyakit jantung. Biasakan diri mengkomsumsi makanan yang non-kolesterol dan berkadar lemak rendah.
Tips:Takar asupan lemak,jangan lebih dari 10 persen ( atau kurang ) dari seluruh kalori.
5.      Merokok
Untuk mengukur bahaya kanker dan kerutan dini,kita dapat mengganti rokok dengan permen karet rasa nikotin.Berdasarkan penelitian di tahun 2004, permen karet rasa nikotin memberikan hasil dua kali lipat dimana perokok berhenti merokok dibandingkan dengan keinginan/janji si perokok untuk berhenti merokok .
6.      Menghirup Udara Polusi
Polusi dapat menyebabkan batuk dan sakit mata/mata perih dan hal ini berhubungan dengan serangan pada penyakit asma dan saluran pernafasan.Usahakan untuk berada didalam ruangan sebanyak yang kita bias bila kadar udara sedang tinggi.
7.      Terlalu Sering Kena Sinar Matahari
Batasi didi dari sengatan matahari dan gunakan tabir matahari, paling tidak yang mengandung SPF 15 untuk mencegah resiko kangker kulit dan juga kerutan
8.      Kurang Tidur
Kurang tidur berhubungan dengan obesitas,diabetes,tekanan darah tinggi dan masalah ingatan. Singkirkan segera Televisi dan benda-benda elektronik lain yang mengganggu ketenangan dari kamar tidur anda.Tata kembali kamar tidur  dan ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan lampu yang temaran yang membuat anda tidur dengan nyenyak.
9.      Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan dapat memicu kemungkinan penyakit serangan jantung,diabetes,bahkan kanker.Penelitian mutakhir menyatakan jenis diet yang dilakukan kurang penting dibandingkan dengan komitmen anda untuk melakukan diet tersebut dengan disiplin
10.  Mengkonsumsi Gula Berlebihan
Gula yang berlebihan dapat menaikkan berat badan dan kemungkinan terserang penyakit jantung. Ahli nutrisi menyarangkan untuk menjaga tambahan gula pada makana kecil / cemilan dan kue kue kering sampai 12 sendok the perhari pada diet berkalori 2200, selain itu diganti makanan yang manis-manis dengan buah-buahan dan sayuran segar.
23.Ikut serta perkemahan selama 3 hari berturut – turut.



























Tidak ada komentar:

Posting Komentar